Mengenal Arti Vendor dalam Rantai Pasok Perusahaan

Kompas.com - 23/08/2021, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis, vendor adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga. Arti vendor dalam Bahasa Indonesia seringkali diartikan sebagai pemasok atau supplier. Apa itu vendor?

Dikutip dari Investopedia, vendor adalah pihak dalam rantai pasok yang dibayar untuk menyediakan barang dan jasa bagi pihak lain. Vendor bisa berarti produsen atau bisa diartikan pula distributor.

Perusahaan-perusahaan besar umumnya sudah memiliki daftar vendor yang memasok barang setiap waktu. Pasokan tersebut meliputi bahan baku, bahan pendukung, peralatan produksi, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Retail: Definisi dan Karakteristik Bisnisnya

Dalam perusahaan ritel, vendor dikaitkan dengan pemasok barang yang tujuan utamanya adalah dijual kembali.

Peran vendor adalah sangat vital, yakni sebagai pihak yang akan memastikan ketersediaan barang atau jasa yang diperlukan oleh perusahaan lain untuk menunjang produksinya.

Sehingga dengan keberadaan vendor, perusahaan bisa lebih fokus pada produksi. Karena sangat mempengaruhi kelancaran bisnis, itu sebabnya setiap perusahaan selalu mengontrol kualitas barang yang dikirimkan vendor.

Baca juga: CSR Adalah Singkatan dari Corporate Social Responsibility, Apa Itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.