Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Balikpapan Berhasil Angkat Peralatan Alkylation Reactor Proyek RDMP

Kompas.com - 23/08/2021, 21:22 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) sukses melakukan Lifting Alkylation Reactor Equipment pada Sabtu (21/8/2021) lalu.

Peralatan (equipment) itu untuk memenuhi target proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan yakni meningkatkan kualitas produk menjadi setara Euro V.

Alkylation Reactor (C-065-03) merupakan salah satu equipment penting dalam Unit Alkilasi yang merupakan proprietary (paten) dari Licensor Lummus Technology.

Baca juga: Sempat Merugi Pada 2020, Kini Pertamina Bukukan Laba Rp 2,6 Triliun

Direktur Pengembangan PT KPB, Djoko Koen Soewito mengatakan, equipment yang diproduksi oleh PT Sewon Cellontech Co Ltd asal Korea itu memiliki tinggi sekitar 49,65 meter, diameter luar sekitar 10 meter, dan berat sekitar 418,07 ton.

Maka dengan dimensi ukuran dan berat peralatan yang cukup besar tersebut, untuk melakukan lifting digunakan crane berkapasitas 1.600 ton.

"Alhamdulillah pekerjaan Lifting Alkylation Reactor Equipment ini telah dilaksanakan dengan baik dan optimal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Ia menjelaskan, fungsi utama alkylation reactor adalah untuk menghasilkan produk alkylate yang merupakan high-octane blending component.

Alkylate ini nantinya akan menjadi salah satu input dari proses gasoline blending untuk menghasilkan produk gasoline yang berkualitas tinggi.

Adapun pengadaan peralatan ini terhitung mulai pemesanan atau purchasing order (PO) sejak 26 Juli 2019 dan semula direncanakan tiba di Balikpapan pada 19 Maret 2021.

Baca juga: Sebanyak 2.689 Pekerja Eks Chevron Jadi Karyawan Pertamina

Namun akibat pandemi Covid-19, maka keseluruhan proses pengerjaan menjadi tertunda dan baru rampung pada Sabtu kemarin. Rangkaian peralatan ini memberikan kontribusi pada progress proyek sebesar 0,2 persen.

Djoko mengatakan, sebagai pengelola proyek RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe yang merupakan proyek strategis nasional (PSN), PT KPB berkomitmen dapat meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi standar Euro V sehingga lebih ramah lingkungan.

"Kilang Pertamina Balikpapan ini akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dalam cita-cita mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi Indonesia," pungkas Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com