Ada 11 Daerah Luar Jawa-Bali Turun Level Jadi PPKM Level 3, Berikut Daftarnya

Kompas.com - 23/08/2021, 21:59 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis Dok YouTube PP POGIMenteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang PPKM hingga tanggal 6 September 2021 khusus wilayah luar Jawa-Bali.

Namun, perpanjangan PPKM Level 4 hanya berlaku di 34 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali, menurun dari penerapan 2 minggu sebelumnya di 45 kabupaten/kota.

Artinya, ada 11 kabupaten/kota yang mengalami penurunan level dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang di 34 Kabupaten/Kota Luar Jawa Bali, Ini Daftarnya

"Dari 45 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4, terdapat 11 kabupaten/kota yang turun dari level 4 menjadi level 3 atau membaik," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin (23/8/2021).

Adapun 11 kabupaten/kota tersebut, adalah Bengkulu utara, Merangin, Barito Kuala, Tulang Bawang Barat, Lampung Selatan, Lampung Barat, Ende, Sikka, Siak, rokan hulu, dan Dumai.

Sedangkan sisanya atau 34 kabupaten/kota masih tetap berada di asesmen level 4.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan ini dituangkan dalam instruksi mendagri bahwa perpanjangan akan dilakukan tanggal 24 Agustus-6 September 2021. Perpanjangan ini seluruh detailnya, jumlah kabupaten dan kota ada dalam instruksi mendagri," ucap Airlangga.

Secara keseluruhan, kata Airlangga, ada perkembangan asesmen yang lebih baik di wilayah luar Jawa-Bali. Wilayah asesmen level 4 menurun dari 11 provinsi menjadi 7 provinsi saja.

Sedangkan asesmen level 3 meningkat dari 215 kabupaten/kota menjadi 234 kabupaten/kota.

Di level kabupaten, wilayah asesmen level 4 yang sebelumnya ada 132 kabupaten/kota menjadi 104 kabupaten/kota. Sedangkan level 2 dari 39 kabupaten/kota menjadi 48 kabupaten/kota.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.