Kompas.com - 24/08/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi investasi properti Dok. Shutterstock (ShutterOK)Ilustrasi investasi properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Perencana Keuangan Finansialku, Shierly, CFP®, mengungkapkan bahwa properti memiliki berbagai macam fungsi dan tujuan, seperti untuk tempat tinggal, tempat usaha, jaminan, warisan, disewakan, bahkan untuk berinvestasi.

Berinvestasi di properti sering kali diasosiasikan dengan investasi mahal dan untuk orang kaya. Namun nyatanya, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba bila ada modalnya, mengingat potensi keuntungan properti yang besar.

Misalnya, Anda membeli sebuah rumah yang fungsinya bukan hanya untuk tempat tinggal, tetapi juga sebagai aset dan investasi.

Baca juga: Berpotensi Untung Besar, Investor Harus Pahami Risiko Investasi di Saham Unicorn

Bila beberapa tahun lagi Anda hendak menjual rumah tersebut, pasti harganya akan jauh lebih tinggi dibandingkan saat membelinya. Naiknya harga properti bisa disebabkan oleh harga tanah yang kian meningkat setiap tahunnya.

Shierly menyebutkan, banyak keuntungan berinvestasi properti, di antaranya bisa dapat capital gain (selisih keuntungan harga jual dikurangi harga beli), dapat biaya sewa sebagai pendapatan pasif Anda, atau berguna juga sebagai hunian dan diwariskan.

Melihat berbagai potensial dari investasi properti, lalu bagaimana caranya saat ingin memulai sebagai pemula? Simak penjelasan berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Ketahui tujuan investasi properti

Shierly mengatakan, sebelum membeli properti ada baiknya ketahui dulu tujuannya untuk apa. Hal ini berguna agar Anda bisa menempatkan posisi yang sesuai dalam menjalankan investasi Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa fungsi properti sangat beragam, sehingga Anda harus mulai tentukan apakah properti yang Anda beli untuk dihuni, usaha, atau disewakan kembali kepada pihak lain.

“Kalau mau diinvestasikan di properti, itu artinya (mau) diinvestasikan dalam bentuk apa, misalnya disewakan berarti harus cari properti yang kemungkinan akan diminati oleh penyewa,” jelas Shierly.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.