Sri Mulyani: Belanja Negara Bukan untuk Kemewahan...

Kompas.com - 24/08/2021, 08:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menganggarkan belanja dalam RAPBN tahun 2022 sebesar Rp 2.708,7 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, belanja tersebut didesain untuk program-program prioritas. Dia bahkan menyebut, belanja negara dalam RAPBN 2022 bukan untuk kemewahan.

"Belanja negara bukan untuk kemewahan, tapi untuk pemerataan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. Belanja negara buka sekedar mengeluarkan uang, tapi upaya mencapai Indonesia Maju," kata Sri Mulyani dalam akun Instagramnya, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Proyeksi Pembiayaan Utang Tahun Ini Turun Rp 150,4 Triliun

Wanita yang akrab disapa Ani ini merinci, belanja prioritas itu meliputi bidang kesehatan hingga bidang pendidikan melalui belanja teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Di bidang kesehatan, pemerintah menganggarkan belanja untuk kelanjutan penanganan pandemi Covid-19, antara lain untuk program vaksinasi dan insentif tenaga medis (nakes).

Dianggarkan pula belanja untuk reformasi sistem kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

"Belanja bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM sebagai modal utama pembangunan nasional. Belanja pembangunan TIK untuk pemerataan akses dan konektifitas di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya untuk mendukung program pendidikan," ucap Ani.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Pandemi Bakal Jadi Endemi Tahun Depan, Vaksinasi Harus Digenjot

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.