Mengenal Akuntansi: Definisi, Jenis, dan Rumus Persamaan Dasarnya

Kompas.com - Diperbarui 14/10/2021, 13:39 WIB
rumusan persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan utang plus modal. Sementara akuntansi adalah pencatatan transksi keuangan. Ilustrasi uang kertas.(AFP) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALrumusan persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan utang plus modal. Sementara akuntansi adalah pencatatan transksi keuangan. Ilustrasi uang kertas.(AFP)

KOMPAS.com - Akuntansi adalah suatu aktivitas pencatatan yang tak bisa dilepaskan dari operasional bisnis. Rumusan persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan penjumlahan utang plus modal (harta = utang + modal).

Definisi akuntansi adalah

Merujuk pada Hantono dan Rahmi dalam buku Pengantar Akuntansi, akuntansi adalah suatu seni pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pelaporan dengan cara yang baik dalam unit moneter atas transaksi-transaksi keuangan dan kejadian-kejadian lain sehubungan dengan keuangan perusahaan dan menafsirkan hasil-hasil pencatatan tersebut.

Sementara dikutip dari American Institute of Certified Public Accountants, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisarian dengan beberapa cara tertentu.

Pencatatan diukur dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian umum yang bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil dan meringkas dengan cara ukuran fiskal.

Baca juga: Mengenal Arti Vendor dalam Rantai Pasok Perusahaan

Pencatatan akuntansi adalah sangat vital bagi keberlangsungan perusahaan. Dari catatan akuntansi, maka bisa diketahui apakah perusahaan menghasilkan untung atau tidak.

Akuntansi adalah mencatat secara detail arus kas, nilai aset, jumlah kewajiban atau utang, besaran modal, dan keuntungan atau kerugian yang didapat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum, siklus dari akuntansi adalah mencatat semua transaksi dalam jurnal, baik jurnal umum maupun jurnal khusus.

Transaksi yang bisa dicatat dalam jurnal akuntansi adalah pembelian barang dagangan, penjualan barang dagangan, penerimaan kas, pengeluaran kas, retur pembelian dan pengurangan harga, potongan pembelian, retur penjualan dan pengurangan harga, potongan penjualan, beban angkut pembelian, dan beban angkut penjualan.

Akuntansi adalah penting bagi keberlangsungan perusahaanKOMPAS.com/Gischa Prameswari Akuntansi adalah penting bagi keberlangsungan perusahaan

Dari transaksi yang tercatat di jurnal itu kemudian memasukannya ke dalam buku besar. Barulah kemudian disusun laporan keuangan yang meliputi laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan laporan perubahan modal.

Fungsi akuntansi

Ada beberapa manfaat dari pencatatan akuntansi. Fungsi akuntansi adalah sebagai berikut:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.