Tuan Guru Bajang Diangkat Jadi Wakomut Bank Syariah Indonesia

Kompas.com - 24/08/2021, 17:45 WIB
Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (12/7/2018). KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOZainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (12/7/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI sepakat mengangkat Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) merangkap Komisaris Independen BSI.

TGB merupakan seorang politisi dan sempat menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat selama 2 periode berturut-turut, yakni pada periode 2008-2013 dan 2013-2018.

Ditunjuknya TGB jadi Wakomut BSI merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BSI yang digelar hari ini, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Nasabah BSI Bisa Tarik Tunai Gratis di ATM Mandiri, Transaksi Lain Kena Biaya

Dalam gelaran RUPSLB tersebut, pemegang saham menyepakati untuk mengangkat dua nama baru dalam susunan dewan komisaris BSI.

Pertama, pemegang saham sepakat untuk mengangkat Adiwarman Karim sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen BSI.

Adiwarman merupakan seorang akademisi dan praktisi ekonomi syariah yang saat ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Syariah Nasional MUI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, pemegang saham juga mengangkat Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) merangkap Komisaris Independen BSI.

Baca juga: Migrasi ke BSI, Kartu BNI Syariah Tak Bisa Dipakai di Mesin ATM BNI

Selain mengangkat dua nama tersebut, pemegang saham juga menyepakati pemberhentian Mulya E. Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai komisaris utama dan Eko Suwardi yang sebelumnya menjabat sebagai komisaris independen.

Dengan adanya perombakan tersebut, maka susunan dewan komisaris BSI terbaru sebagai berikut:

  • Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI : Adiwarman Azwar Karim
  • Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI : Muhammad Zainul Majdi
  • Komisaris BSI : Suyanto
  • Komisaris BSI : Masduki Baidlowi
  • Komisaris BSI : Imam Budi Sarjito
  • Komisaris BSI : Sutanto
  • Komisaris Independen BSI : Bangun Sarwito Kusmulyono
  • Komisaris Independen BSI : M. Arief Rosyid Hasan
  • Komisaris Independen BSI : Komaruddin Hidayat.

Baca juga: Daftar Biaya Transaksi Nasabah BSI di Mesin ATM Bank Lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.