Bantah Surya Paloh, China Sonangol Sebut Media Group Punya Utang Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 24/08/2021, 18:39 WIB
Gedung Indonesia 1 di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat Kuasa Hukum PT MPI/Rahim B LasupuGedung Indonesia 1 di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak China Sonangol Real Estate Pte Ltd (CSRE) membantah semua tudingan yang dinyatakan pihak Media Group, perusahaan milik Surya Paloh terkait persoalan proyek pembangunan Indonesia 1.

Pembangunan supertall Indonesia 1 digarap oleh PT China Sonangol Media Investment (CSMI), perusahaan patungan yang dibentuk antara CSRE, anak usaha China Senangol Group (CS) dengan PT Media Property Indonesia (MPI), anak usaha Media Group.

Kisruh ini dilatarbelakangi pernyataan pihak MPI yang mengklaim memiliki saham sebesar 30 persen pada CSMI dan berhak atas 3 lantai di gedung Indonesia 1. Namun, MPI menuding CSMI mengkhianati perjanjian komitmen pembagian saham dalam proyek itu.

Baca juga: Tips Investasi Properti untuk Pemula

Menanggapi hal tersebut, Kuasa Hukum CSRE Otto Hasibuan membantah klaim MPI atas kepemilikan saham 30 persen dalam proyek Indonesia 1. Menurutnya, tak ada bukti resmi tertulis terkait kepemilikan saham yang diklaim MPI.

"Dengan tegas membantah semua tuduhan. Tidak ada bukti atau catatan atau dokumen resmi yang ditemukan, termasuk dalam Anggaran Dasar PT CSMI yang mendukung klaim kepemilikan saham Media Group dan MPI sebesar 30 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8/2021).

Sebaliknya, Otto mengungkapkan, pihaknya memiliki dokumen resmi terkait kepemilikan saham di proyek Indonesia 1. Terdiri dari 99 persen saham CSMI dimiliki oleh CSRE, sedangkan MPI hanya memiliki 1 persen saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, dokumen yang mencatat kepemilikan saham itu telah ditandatangani oleh para pemegang saham dari CSMI.

"Jadi ini tertulis secara resmi, terdokumentasi, bukan hanya sekedar klaim lisan tapi tertulis di anggaran dasar," imbuh Otto.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Properti

Kendati memiliki saham 1 persen, namun MPI hingga saat ini belum melakukan penyetoran modal pada CSMI. Melainkan, CSRE yang melakukan penyetoran modal atas kepemilikan saham 1 persen MPI senilai 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar (asumsi kurs Rp 14.400 per dollar AS).

"Dengan demikian, secara hukum MPI masih berhutang kepada CSRE sejumlah 100.000 dolar AS," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.