BI: 8,93 Juta Merchant Telah Terima Transaksi Pembayaran QRIS

Kompas.com - 24/08/2021, 19:11 WIB
Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia) Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) terus berupaya memperluas akseptasi QRIS bagi pelaku usaha.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Fitria Irmi Triswati bilang, sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2019, QRIS telah tersebar di 34 provinsi dan 480 kota/kabupaten di Indonesia.

“Pada tanggal 21 Agustus 2021, jumlah merchant QRIS mencapai 8,93 juta merchant, dan 85 persen di antaranya adalah pelaku usaha UMKM. Kemudahan QRIS ini sudah dinikmati oleh beragam segmen, mulai dari pedagang kaki lima, toko-toko di mall, sampai dengan tempat ibadah. Ini menandakan semakin meluasnya ekosistem QRIS yang juga didukung 65 Penyedia Jasa Pembayaran berizin QRIS, baik bank maupun non bank,” ujarnya secara virtual pada Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Nilai Transaksi QRIS Melesat 32,5 Persen pada Pekan Pertama PPKM Darurat

Ia menyebut QRIS telah menjadi game changer untuk metode pembayaran ritel di tengah pandemi.

Selain menjadi solusi pembayaran yang lebih sehat, QRIS di masa pandemi juga bisa mendorong transaksi UMKM bisa lebih tercatat, sehingga bisa membantu pengembangan usaha.

“Oleh karena itu BI senantiasa mendukung transformasi ekonomi digital melalui pencapaian 12 juta merchant QRIS di tahun 2021. Dengan koneksi tersebut, saat ini diperkirakan lebih dari 80 juta masyarakat di kota atau desa dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS,” tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BI pun terus terus melakukan inovasi untuk mengembangkan fitur dan usecase QRIS. Salah satunya adalah QRIS Antarnegara yang ujicobanya telah diresmikan Gubernur BI pada 17 Agustus 2021. Ia berharap inovasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Baca juga: Lewat QR Antar-negara, Wisatawan Indonesia ke Thailand Tak Lagi Harus Tukar Baht

“QRIS Antar Negara misalnya, ini akan membuka pasar bagi pelaku usaha sampai level mikro dengan memudahkan wisatawan asing saat bertransaksi secara langsung menggunakan aplikasi dari negara asalnya. Nah beragam inovasi tersebut dikembangkan BI dengan stakeholder terkait, serat industri,” paparnya.

BI mencatat nilai transaksi QRIS mencapai Rp 9 triliun hingga semester 1-2021. Nilai itu melesat 214 persen dibandingkan posisi yang sama tahun lalu. Adapun pada paruh pertama 2021, jumlah merchant yang menggunakan QRIS naik menjadi 8,2 juta.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BI catat sudah 8,93 juta merchant terima transaksi pembayaran QRIS per 21 Agustus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.