Prabowo ke Jokowi: Butuh Keberanian Pindah Ibu Kota, Teruskan Pak!

Kompas.com - 24/08/2021, 22:04 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana IKN di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/08/2021). mcaPresiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana IKN di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/08/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan sarannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemindahan ibu kota negara (IKN).

Pesan Prabowo disampaikan ketika ia mendampingi Jokowi meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana ibu kota baru di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021).

Prabowo menyampaikan saran kepada Kepala Negara bahwa lokasi calon IKN merupakan lokasi yang strategis.

Baca juga: Prabowo Minta Anggaran Pertahanan Rp 1,7 Kuadriliun, Berapa Triliun?

Menurutnya, harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota sehingga bisa memisahkan pusat pemerintahan dari pusat ekonomi.

“Kita harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri,” ungkap Prabowo, sebagaimana dikutip dari laman resmi Setkab.

Prabowo menilai, pemindahan ibu kota negara sudah disiapkan dengan matang melalui berbagai studi dan pertimbangan. Untuk itu, pihaknya juga mendukung rencana tersebut untuk diteruskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya kira ini saya sangat mendukung, saya menyarankan kepada Presiden bahwa kita harus teruskan Pak, begitu saran saya, dan Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang,” jelas Prabowo.

Baca juga: Kemenko Marves Pantau Ketat Proyek Tol Cijago dan Tol Serpong-Cinere

Prabowo memang hadir langsung menemani Jokowi ketika berkunjung ke lokasi sodetan akses jalan menuju rencana ibu kota baru.

Sodetan akses tersebut berlokasi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14 yang dilewati Presiden dalam perjalanan dari Kota Samarinda ke Kota Balikpapan. Jokowi sendiri juga sempat mengungkap hasil tinjauannya, termasuk percakapan dengan Prabowo.

“Kita melihat ini melihat lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik,” ujar Presiden di lokasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.