Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Bupati dan Walikota Harus Mengakselerasi Belanja Daerah

Kompas.com - 25/08/2021, 12:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto kembali meminta kepala daerah menggenjot realisasi anggaran pada 2021.

"Untuk itu, di Bulan Agustus ini Bupati dan Walikota harus mengakselerasi belanja daerah," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Airlangga mengatakan, tingkat konsumsi pemerintah daerah dalam hal ini penggunaan anggaran daerah, bisa menjadi mesin pendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, hal serupa juga berlaku bagi pemerintah pusat. Realisasi belanja pemerintah pusat bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Negara Tarik Utang Akibat Pandemi, Sri Mulyani: Kita Yakin Bisa Bayar Lewat Pajak

Pada kuartal II-2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen secara tahunan. Hal itu didorong oleh perbaikan baik di Konsumsi Rumah Tangga maupun Konsumsi Pemerintah yang sepanjang tahun menjadi andalan engine perekonomian.

Airlangga mengatakan, selama semester I-2021, realisasi belanja negara tumbuh sebesar 9,5 persen. Realisasi itu ditopang oleh belanja pemerintah pusat terutama belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal yang lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan sangat tergantung kepada pengendalian pandemi Covid-19 secara disiplin dan dukungan perbaikan sistem ketahanan kesehatan.

Selain itu pertumbuhan ekonomi juga bergantung pada respons kebijakan ekonomi yang tepat untuk memastikan proses pemulihan yang lebih kuat dan penciptaan lapangan kerja secara signifikan dan kesiapan bertransformasi ke masa depan.

Baca juga: Erick Thohir Minta Kasus Dugaan Korupsi di Perum Perindo Diusut Tuntas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com