Menko Airlangga: Bupati dan Walikota Harus Mengakselerasi Belanja Daerah

Kompas.com - 25/08/2021, 12:02 WIB
Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021) Dok SetkabKetua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021)
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto kembali meminta kepala daerah menggenjot realisasi anggaran pada 2021.

"Untuk itu, di Bulan Agustus ini Bupati dan Walikota harus mengakselerasi belanja daerah," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Airlangga mengatakan, tingkat konsumsi pemerintah daerah dalam hal ini penggunaan anggaran daerah, bisa menjadi mesin pendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, hal serupa juga berlaku bagi pemerintah pusat. Realisasi belanja pemerintah pusat bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Negara Tarik Utang Akibat Pandemi, Sri Mulyani: Kita Yakin Bisa Bayar Lewat Pajak

Pada kuartal II-2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen secara tahunan. Hal itu didorong oleh perbaikan baik di Konsumsi Rumah Tangga maupun Konsumsi Pemerintah yang sepanjang tahun menjadi andalan engine perekonomian.

Airlangga mengatakan, selama semester I-2021, realisasi belanja negara tumbuh sebesar 9,5 persen. Realisasi itu ditopang oleh belanja pemerintah pusat terutama belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal yang lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan sangat tergantung kepada pengendalian pandemi Covid-19 secara disiplin dan dukungan perbaikan sistem ketahanan kesehatan.

Selain itu pertumbuhan ekonomi juga bergantung pada respons kebijakan ekonomi yang tepat untuk memastikan proses pemulihan yang lebih kuat dan penciptaan lapangan kerja secara signifikan dan kesiapan bertransformasi ke masa depan.

Baca juga: Erick Thohir Minta Kasus Dugaan Korupsi di Perum Perindo Diusut Tuntas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.