Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Percepat Vaksinasi di 3 Lokasi Koridor Perjalanan Wisata

Kompas.com - 26/08/2021, 08:10 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, tingkat vaksinasi menentukan pembukaan kembali destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif.

Ini termasuk rencana pembukaan perjanjian koridor perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA) di Bali, Batam, dan Bintan, dapat didorong untuk dipercepat jika vaksinasi dosis lengkap telah terlaksana 75 hingga 80 persen.

“Tiga destinasi tersebut masih menuju prakondisi 75 sampai 80 persen vaksinasi yang terdistribusi pada masyarakat. Presiden Jokowi sudah merencanakan akhir September tercapai, berarti kita mengarahkan September ini prakondisi tersebut bisa dituju," ujar Sandiaga melalui siaran pers, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Luhut Mau Pamerkan Destinasi Wisata Super Prioritas di KTT G20

Sandiaga mengatakan, pembukaan Batam, Bintan, Bali juga harus melihat faktor prakondisi lainnya. Seperti sertifikasi CHSE end-to-end, dan kesiapan industri.

Jika berbagai program pemerintah untuk membantu pelaku parekraf tereksekusi dengan baik, ia optimis kuartal III atau IV, pariwisata dapat dibuka kembali.

“Karena Phuket sudah memulai dari awal Juli dengan konsep sandbox, berarti kita bisa memulai juga paling tidak di tiga destinasi yang saya sebutkan Batam, Bintan dan Bali," jelas Sandiaga.

Di sisi lain, Kemenparekraf juga menargetkan melakukan vaksinasi hingga 95 persen terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sampai dengan 23 Agustus 2021, lebih dari 193.000 masyarakat telah tervaksinasi melalui berbagai sentra vaksinasi, hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai pihak.

Baca juga: Pemerintah Bangun 900 Unit Rumah Warga Disulap Jadi Hunian Wisata

Sandiaga menargetkan hingga September 2021, sebanyak 450.000 masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif tervaksin lewat sentra vaksinasi Kemenparekraf. Sehingga angkanya dapat terus bertambah sampai Desember 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com