Sandiaga Percepat Vaksinasi di 3 Lokasi Koridor Perjalanan Wisata

Kompas.com - 26/08/2021, 08:10 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 Astra Zeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Selasa (8/6/2021). Kemenparekraf membuka program vaksinasi Covid-19 bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di area Jakarta yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Juni 2021. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 Astra Zeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Selasa (8/6/2021). Kemenparekraf membuka program vaksinasi Covid-19 bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di area Jakarta yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Juni 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, tingkat vaksinasi menentukan pembukaan kembali destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif.

Ini termasuk rencana pembukaan perjanjian koridor perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA) di Bali, Batam, dan Bintan, dapat didorong untuk dipercepat jika vaksinasi dosis lengkap telah terlaksana 75 hingga 80 persen.

“Tiga destinasi tersebut masih menuju prakondisi 75 sampai 80 persen vaksinasi yang terdistribusi pada masyarakat. Presiden Jokowi sudah merencanakan akhir September tercapai, berarti kita mengarahkan September ini prakondisi tersebut bisa dituju," ujar Sandiaga melalui siaran pers, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Luhut Mau Pamerkan Destinasi Wisata Super Prioritas di KTT G20

Sandiaga mengatakan, pembukaan Batam, Bintan, Bali juga harus melihat faktor prakondisi lainnya. Seperti sertifikasi CHSE end-to-end, dan kesiapan industri.

Jika berbagai program pemerintah untuk membantu pelaku parekraf tereksekusi dengan baik, ia optimis kuartal III atau IV, pariwisata dapat dibuka kembali.

“Karena Phuket sudah memulai dari awal Juli dengan konsep sandbox, berarti kita bisa memulai juga paling tidak di tiga destinasi yang saya sebutkan Batam, Bintan dan Bali," jelas Sandiaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Kemenparekraf juga menargetkan melakukan vaksinasi hingga 95 persen terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sampai dengan 23 Agustus 2021, lebih dari 193.000 masyarakat telah tervaksinasi melalui berbagai sentra vaksinasi, hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai pihak.

Baca juga: Pemerintah Bangun 900 Unit Rumah Warga Disulap Jadi Hunian Wisata

Sandiaga menargetkan hingga September 2021, sebanyak 450.000 masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif tervaksin lewat sentra vaksinasi Kemenparekraf. Sehingga angkanya dapat terus bertambah sampai Desember 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.