Kompas.com - 26/08/2021, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik (PET) menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada awal pekan lalu.

Dalam RUPST tersebut, salah satu agenda yang telah disetujui adalah perubahan atas rencana penggunaan dana hasil penawaran umum Perseroan pada tahun 2019 lalu.

Direktur INOV Victor Choi mengungkapkan, perubahan penggunaan dana IPO akan dilakukan untuk menurunkan beban utang.

Baca juga: 12 Emiten Bakal Buyback Saham Senilai Rp 4,9 Triliun

“Dana IPO sebesar 30 persen, sebelumnya direncanakan akan digunakan untuk pengembangan atau pembentukan anak usaha baru, setelah disetujui oleh para pemegang saham, akan dialokasikan untuk melakukan pembayaran pinjaman usaha Perseroan. Dengan begitu, beban utang INOV bisa berkurang dan kami berharap kinerja INOV ke depan akan semakin membaik,” ungkap Victor melalui siaran pers, Rabu (25/8/2021).

Hingga Semester I tahun 2021, INOV mencatatkan penjualan sebesar Rp 305,4 miliar atau meningkat 29,8 persen yoy, dan laba bersih tercatat naik 197,1 persen atau menjadi sebesar Rp 7,9 miliar.

Melihat tren positif dari permintaan produk daur ulang yang terus meningkat, Victor optimis akan mencapai kinerja positif tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan dampak dari pandemi yang masih berlanjut serta masih ada kebijakan lockdown di beberapa negara tujuanekspor, kami tetap optimis dapat menutup ini dengan kinerja yang positif,” ujar dia.

Baca juga: BEI Optimistis Jumlah Emiten di Bursa Bisa Tembus 1.000 Perusahaan

Untuk meningkatkan kinerja perseroan, INOV juga menambah dua pabrik pengolahan sampah botol plastik di Pulau Sulawesi sambil terus melanjutkan pembangunan pabrik RePSF di Medan Sumatera Utara, dalam rangka memperluas jaringan produksi dan pasokan bahan baku di luar Pulau Jawa.

Saat ini, INOV mampu menghasilkan lebih dari 3.000 ton serat ramah lingkungan per bulan, dan mengolah lebih dari 3 miliar sampah botol per tahun. Victor berharap pencapaian tersebut dapat terus bertambah seiring dengan langkah ekspansi perseroan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.