Kompas.com - 26/08/2021, 21:00 WIB
Masyarakat bisa membuka rekening BRI secara online tanpa ke kantor cabang melalui bukarekening.bri.co.id. KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAMasyarakat bisa membuka rekening BRI secara online tanpa ke kantor cabang melalui bukarekening.bri.co.id.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara membuka rekening tabungan BRI bisa dilakukan lewat aplikasi BRImo. BRImo merupakan aplikasi keuangan digital Bank BRI dengan berbasis data internet.

Aplikasi digital ini diluncurkan dalam rangka memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi dengan user interface dan user experience terbaru.

Lalu, bagaimana cara membuka rekening tabungan BRI lewat BRImo?

Baca juga: Cara Membuka Rekening Tabungan BRI Secara Online

Mengutip laman promo.bri.co.id, ada tiga tahapan yang harus Anda lewati jika ingin membuka rekening tabungan lewat BRImo. Berikut tahapan-tahapannya:

  • Download Aplikasi BRImo

Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi BRImo di smartphone, jika belum kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store ataupun App Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Daftar Akun
  1. Klik menu “mulai” dan kemudian isikan data dirimu pada bagian kolom yang tersedia. Mulai dari memasukkan nama lengkap yang sesuai e-KTP. Jika namamu terdeteksi tidak sesuai dengan database Dukcapil, maka proses pendaftaran tak bisa dilanjutkan
  2. Masukkan alamat email dan pastikan aktif
  3. Masukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir yang sesuai dengan e-KTP
  4. Masukkan nomor HP yang aktif dan pastikan juga memiliki pulsa minimal Rp 2.000. Disarankan untuk menggunakan nomor HP yang terpasang pada smartphone yang digunakan saat membuka tabungan
  5. Pilih jenis kelamin yang tertera di e-KTP
  6. Setelah selesai mengisi data diri, centang untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan yang ada dan kemudian klik lanjut
  7. Pada laman berikutnya, masukkan password pada kolom yang tersedia. Untuk jumlah password disarankan 8-20 karakter yang terdiri atas huruf kecil, huruf besar, dan angka
  8. Masukkan ulang password pada kolom dibawahnya, sama seperti password yang ditulis sebelumnya. Setelah itu klik lanjut
  9. Nanti kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan pada nomor HP yang sudah kamu masukkan sebelumnya.Kemudian masukkan kode OTP 6 digit pada kolom yang tersedia dan klik kirim
  10. Buka emailmu untuk proses verifikasi email. Kamu akan menerima email yang berisikan tentang link verifikasi email. Klik link tersebut dan nanti akan muncul centang hijau. Ini artinya proses verifikasi email yang kamu lakukan telah berhasil
  11. Sampai tahap ini, proses pendaftaran yang kamu lakukan telah sukses. Kamu telah memiliki username (nomor HP) dan juga password yang nantinya digunakan untuk membuka rekening BRI secara online.

Baca juga: Simak, Berikut Cara dan Syarat Membuka Tabungan Haji BRI

  • Buka Rekening Tabungan BRI
  1. Buka aplikasi BRImo yang ada di smartphone kamu, masukkan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Kemudian klik login. Setelah itu klik buka rekening baru di beranda dan muncul penjelasan singkat tentang tabungan BRI. Baru klik lanjut.
  2. Upload file yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, tanda tangan dan pas foto. Untuk penandatanganan bisa langsung di layar HP seperti tanda tangan di KTP. Pastikan semua file dan foto jelas sehingga mempermudah verifikasi.
  3. Buat password, untuk password ini bisa sama seperti password yang dibuat untuk akun sebelumnya. Pastikan memasukkan password dengan karakter 8-20 yang terdiri dari huruf kecil, huruf besar, dan juga angka tanpa adanya spasi
  4. Selanjutnya pilih kantor Bank BRI terdekat. Ketik kota atau Kabupaten yang sesuai dengan tempat tinggal kamu. Ini penting agar memastikan jika proses pembukaan rekening baru bisa tepat dan dilayani sepenuhnya. Jadi jika ada masalah kamu bisa langsung mengurus di cabang terdekat. Jika tidak ada pilihan ini maka kamu perlu mengurus ke BRI pusat jika terjadi masalah.
  5. Centang pada bagian syarat dan ketentuan untuk membuka rekening baru dan pilih kirim. Setelah itu masukkan password Brimo untuk lanjut.
  6. Untuk mengaktifkan rekening, lakukan transfer setoran awal tabungan yaitu sebesar Rp 100.000. Proses transfer dana bisa dilakukan baik melalui ATM BRI maupun mobile banking.
  7. Setelah itu kembali lagi ke menu home awal dan klik "buka rekening". Nanti akan muncul pemberitahuan pada halaman tersebut jika rekening telah berhasil di buka.

Setelah proses selesai, kamu bisa langsung menggunakan rekening tabungan BRI yang kamu pilih tersebut untuk melakukan berbagai transaksi.

Cara buka rekening tabungan BRI lewat BRImo cukup mudah bukan?. Proses ini bisa Anda lakukan di manapun dan kapanpun.

Baca juga: Cara Aktivasi IB BRI Lewat Handphone

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.