Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Ekspor 1,2 Miliar Alat Suntik, Luhut: Ini Mimpi Pemerintah...

Kompas.com - 27/08/2021, 10:27 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Indonesia mendapat pesanan alat suntik sekali pakai (auto disable syringe/ADS) dari lembaga PBB, UNICEF, dan Kementerian Kesehatan Ukraina.

Pesanan tersebut sebanyak 1,2 miliar alat suntik untuk pengadaan hingga tahun 2022. Adapun alat suntik ini diproduksi oleh PT Oneject Indonesia.

Luhut bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun melepas ekspor sebanyak 200 kontainer atau 150 juta alat suntik atau senilai 10,5 juta dollar AS di Cikarang, Jawa Barat, pada Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Luhut Ketemu Bos Shopee, Bahas Apa?

Menurut Luhut, ekspor tersebut merupakan langkah yang baik di tengah upaya pemerintah untuk mengampanyekan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta mendorong ekspor produk jadi.

"From local to global. Ini adalah mimpi pemerintah, program pemerintah sebanyak mungkin yang bisa kita bikin dalam negeri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Lewat keberhasilan ekspor alat suntik ini, Luhut berharap pada masa mendatang kebutuhan impor Indonesia akan menurun. Sebab, saat ini sebagian besar alat kesehatan dalam negeri pengadaannya memang dari produk impor.

"Pemerintah harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk belanja kesehatan per tahun dan sebagian besar impor, tetapi Presiden beri perintah kepada kami untuk semua buatan dalam negeri. Jadi sebanyak mungkin dalam masa pandemi ini harus buatan dalam negeri," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Timnas Penguatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) menekankan pentingnya dukungan semua pihak untuk pengembangan produk lokal.

Ia bilang, semakin berkembangnya produk lokal tidak hanya akan merambah pasar lokal, tetapi juga mencapai global.

"Sehingga, ini akan mampu menghemat devisa, bahkan meningkatkan ekspor yang berdampak bagi perekonomian nasional, seperti yang dilakukan OneJect Indonesia saat ini,” kata dia.

Baca juga: Luhut Pastikan RI Produksi 2 Vaksin Covid Tahun Depan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com