Kompas.com - 27/08/2021, 10:43 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCK/SERGEY NIVENSIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki akhir bulan, beberapa diantara Anda mungkin sudah mendapatkan upah bulanan. Kini saatnya memikirkan alokasi anggaran untuk investasi.

Meskipun Anda memiliki pemasukan hanya dari gaji bulanan setara dengan Upah Minimum Regional (UMR), Anda tetap dapat berinvestasi.

Co-Founder Zipmex Indonesia Raymond Sutanto mengungkapkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dengan memanfaatkan gaji UMR tanpa menyentuh pos-pos kebutuhan prioritas Anda.

Baca juga: Ini Daftar Daerah dengan Gaji UMR 2021 Tertinggi dan Terendah di Jatim

“Sebenarnya gaji UMR dan bukan UMR bukan masalah. Investasi itu, earlier you do, better. Yang terpenting adalah niat untuk berinvestasi sedini mungkin secara bertanggung jawab,” kata Raymond melalui siaran pers, Jumat (27/8/2021).

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi dengan memanfaatkan sisa gaji bulanan Anda, sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan

Hal paling pokok, adalah menentukan tujuan daripada investasi yang Anda lakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Raymond, untuk memberikan dasar yang kuat pada niat dan membuat Anda semakin yakin dalam berinvestasi, Anda harus menentukan tujuan terlebih dahulu tujuan investasi.

“Tujuannya bisa apa saja, tergantung apa yang ingin Anda capai dalam kurun waktu tertentu. Apapun alasannya tidak masalah, yang penting tujuan tersebut masuk akal dan tidak di luar nalar serta berkaitan dengan finansial. Tetapkan pula jangka waktu yang Anda inginkan, sehingga tujuan Anda lebih mudah untuk diukur,” jelas dia.

Baca juga: UMR adalah Upah Minimum Regional, Apa Bedanya dengan UMP dan UMK?

2. Buat Perencanaan

Selanjutnya, Anda perlu merancang perencanaan dalam pembagian pos – pos pengeluaran bulanan Anda.

Jangan sampai uang untuk keperluan pokok, terpakai sebagai dana investasi, sehingga ini bisa membuat Anda tidak siap jika terjadi risiko dalam investasi Anda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.