Kompas.com - Diperbarui 03/10/2021, 06:27 WIB
Sukardi, sosok disabilitas yang menekuni usaha pembuatan kerajinan dari bambu. Bersama istrinya, dia tinggal di Dusun Kayen, Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pengertian kewirausahaan, pengertian wirausaha, dan arti kewirausahaan. KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍSukardi, sosok disabilitas yang menekuni usaha pembuatan kerajinan dari bambu. Bersama istrinya, dia tinggal di Dusun Kayen, Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pengertian kewirausahaan, pengertian wirausaha, dan arti kewirausahaan.

KOMPAS.com - Pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi (pengertian wirausaha).

Wirausaha sendiri berasal dari gabungan dua kata yang masing-masing memiliki arti tersendiri, wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud.

Pada awalnya, arti wirausaha adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dengan mengerahkan segala kemampuannya. Sederhananya, pengertian wirausaha adalah bekerja dengan mengandalkan kemampuan sendiri dengan menciptakan pekerjaan sendiri.

Pengertian kewirausahaan 

Dikutip dari Investopedia, pengertian wirausaha yakni individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Baca juga: Apa Itu Reklame dan Bedanya dengan Iklan?

Sedangkan pengertian kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Wirausahawan umumnya dipandang sebagai inovator.

Inovator sendiri tak berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Melainkan bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merujuk pada Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, pengertian kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Pengrajin tas khas Aceh di Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Pengertian kewirausahaan Sabtu (25/9/2021)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Pengrajin tas khas Aceh di Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Pengertian kewirausahaan Sabtu (25/9/2021)

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Dan Steinhoff dan John F. Burgess

Menurut Dan Steinhoff dan John F. Burgess, wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha.

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scharborough

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scharborough mendefinisikan kewirausahaan sebagai usaha untuk menciptakan nilai lewat pengenalan terhadap peluang bisnis, manajemen mengambil risiko yang cocok dengan peluang yang ada dan lewat kemampuan komunikasi dan manajemen memobilisasi manusia, keuangan, dan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk membawa suatu proyek sampai berhasil.

Jong dan Wennekers

Menurut Jong dan Wennekers, kewirausahaan adalah pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.