Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenaker Canangkan Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan

Kompas.com - 27/08/2021, 20:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencanangkan pilot project pengembangan kesempatan kerja berbasis kawasan. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mentransformasikan program perluasan kesempatan kerja.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pada program tersebut akan dikembangkan program tenaga kerja mandiri yang efektif untuk memperluas kesempatan kerja secara berkelanjutan.

Perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini juga bertujuan untuk membangun ekosistem kewirausahaan dan mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah tersebut.

“Kemenaker terus berupaya mengimplementasikan program transformasi BLK (balai latihan kerja) untuk meningkatkan kualitas pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: Laris, Bambang Brodjonegoro Diangkat jadi Komisaris Indofood

Menurut Menaker, permasalahan pasar kerja di Indonesia yakni mismatch lulusan pendidikan dengan dunia kerja, job matching yang kurang efisien, kurangnya jumlah tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dunia kerja, serta rendahnya produktivitas tenaga kerja.

Oleh sebab itu, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan keselarasan antara tenaga kerja yang tersedia dengan kebutuhan industri, serta dapat menyelesaikan persoalan lainnya terkait pasar tenaga kerja.

Ida bilang, sejak bulan lalu pihaknya telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk mendukung program perluasan kesempatan kerja. Diantaranya, PT Sumber Alfaria Tbk (Alfamart), PT Kubota Indonesia, PT Mobil Laku Indonesia (OLX Autos), dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja).

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Salah satunya, sejak tahun 2020, Kemenaker telah melakukan kerja sama dengan IPB University dalam program bidang pengembangan kompetensi tenaga kerja sektor pertanian, kelautan, dan perluasan kesempatan kerja.

Baca juga: Garuda Indonesia Uji Coba IATA Travel Pass Mulai 30 Agustus 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com