Kemenaker Canangkan Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan

Kompas.com - 27/08/2021, 20:03 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menghadiri acara Sosialisasi Kebijakan Terbaru Hubungan Industrial secara virtual di Jakarta, Jumat (20/8/2021). DOK. Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menghadiri acara Sosialisasi Kebijakan Terbaru Hubungan Industrial secara virtual di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencanangkan pilot project pengembangan kesempatan kerja berbasis kawasan. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mentransformasikan program perluasan kesempatan kerja.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pada program tersebut akan dikembangkan program tenaga kerja mandiri yang efektif untuk memperluas kesempatan kerja secara berkelanjutan.

Perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini juga bertujuan untuk membangun ekosistem kewirausahaan dan mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah tersebut.

“Kemenaker terus berupaya mengimplementasikan program transformasi BLK (balai latihan kerja) untuk meningkatkan kualitas pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: Laris, Bambang Brodjonegoro Diangkat jadi Komisaris Indofood

Menurut Menaker, permasalahan pasar kerja di Indonesia yakni mismatch lulusan pendidikan dengan dunia kerja, job matching yang kurang efisien, kurangnya jumlah tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dunia kerja, serta rendahnya produktivitas tenaga kerja.

Oleh sebab itu, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan keselarasan antara tenaga kerja yang tersedia dengan kebutuhan industri, serta dapat menyelesaikan persoalan lainnya terkait pasar tenaga kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ida bilang, sejak bulan lalu pihaknya telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk mendukung program perluasan kesempatan kerja. Diantaranya, PT Sumber Alfaria Tbk (Alfamart), PT Kubota Indonesia, PT Mobil Laku Indonesia (OLX Autos), dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja).

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Salah satunya, sejak tahun 2020, Kemenaker telah melakukan kerja sama dengan IPB University dalam program bidang pengembangan kompetensi tenaga kerja sektor pertanian, kelautan, dan perluasan kesempatan kerja.

Baca juga: Garuda Indonesia Uji Coba IATA Travel Pass Mulai 30 Agustus 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.