Menko Airlangga Beberkan Hasil Penerapan PPKM di Sulawesi

Kompas.com - 28/08/2021, 07:17 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis Dok YouTube PP POGIMenteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan PPKM di Sulawesi dinilai mulai membuahkan hasil, di mana selama bulan Agustus ini kasus aktif sudah mulai turun rata-rata sebesar -8,77 persen. Dari 6 Provinsi di wilayah Sulawesi, 5 Provinsi sudah turun cukup signifikan, hanya Provinsi Sulawesi Tengah yang masih naik angkanya.

Namun demikian pada Minggu ke-3 dan 4 Agustus ini sudah mulai melandai dan menurun trennya, dengan rata-rata kasus aktif 9.032 kasus pada Minggu ke-4, turun dari minggu
sebelumnya sebesar rata-rata 10.054 kasus.

“Sulawesi Tengah sudah punya formula untuk pengendalian Covid-19, jika formula tersebut direplikasi ke semua posko, saya yakin level asesmen akan segera turun," kata Airlangga dalam keterangan resminya, Sabtu (28/8/2021).

Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, Airlangga menargetkan pada PPKM dapat turun ke Level 3. Upaya pun tinggal melanjutkan apa yang sudah dicapai, karena angka mobilitas sudah turun dan tingkat kasus aktif sudah turun ke tingkat 2, hanyasaja tingkat BOR di Sulawesi Tengah yang masih tinggi.

Baca juga: Simak Syarat Lengkap Naik Kereta selama PPKM Level 3

Pemerintah hanya perlu menambah jumlah konversi tempat tidur dan memanfaatkan tempat isolasi terpusat.

Vaksinasi Covid-19 dan peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan harus dilaksanakan secara bersama. Percepatan vaksinasi terus didorong agar bisa mencapai target, sebagaimana arahan Presiden Jokowi bahwa vaksinasi harus terus dipercepat hingga lebih dari  juta suntikan per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Provinsi Sulawesi Tengah berada pada Level Asesmen TK-4, dengan total kasus kumulatif sampai dengan 25 Agustus 2021 sebanyak 40.617 kasus, total sembuh 31.527 kasus, tingkat
kesembuhan 77,62 persen, dan tingkat kematian 3,13 persen.

BOR di Provinsi Sulawesi Tengah tingkat keterisiannya 51 persen. Kabupaten Poso memiliki BOR paling tinggi (70 persen), disusul dengan Kota Palu (62 persen).

Baca juga: Simak, Ini Aturan PPKM Level 3 Untuk Wilayah Perkantoran

Sebanyak 10 Kabupaten/Kota BOR kurang dari 50 persen. Sementara itu, mobilitas masyarakat sudah menunjukkan penurunan sebesar -6,59 persen.

Capaian testing yang tertinggi di Kabupaten Parigi Moutong (65,6 persen), dan Kabupaten Donggala (23,0 persen). Sedangkan yang lain masih di bawah 20 persen.

Kemudian, capaian tracing yang tertinggi di Kabupaten Banggai Laut (85,71 persen), Toli-Toli (30,86 persen), Kota Palu (20 persen), dan Kabupaten Morowali (2,44 persen).

Capaian vaksinasi di Sulawesi Tengah sebesar 17,48 persen dan masih jauh berada di bawah ratarata nasional yang sebesar 28,53 persen. Terkait dengan capaian vaksinasi dosis pertama, hanya Kota Palu dan Morowali yang capaiannya sudah di atas nasional.

Masih terdapat 7 kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya masih di bawah 10 persen, sehingga perlu segera dilakukan upaya percepatan vaksinasi.

Baca juga: Simak Syarat Naik KRL di Masa PPKM Level 3

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.