5 Penyebab Paling Umum Tidak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20

Kompas.com - Diperbarui 10/09/2021, 08:22 WIB
Prakerja gelombang 19 sudah dibuka di prakerja.go.id. Simak cara daftar Kartu Prakerja atau cara daftar Prakerja. Kompas.com/ Imam RosidinPrakerja gelombang 19 sudah dibuka di prakerja.go.id. Simak cara daftar Kartu Prakerja atau cara daftar Prakerja.

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka sejak Kamis, 26 Agustus 2021. Cara daftar Prakerja Gelombang 20 bisa dilakukan via online di laman www.prakerja.go.id.

Sebagaimana gelombang-gelombang sebelumnya, dalam program Prakerja Gelombang 20 ini kuota yang tersedia adalah 800 ribu orang.

Prakerja Gelombang 20 merupakan program pelatihan semi bantuan sosial yang diberikan bagi mereka yang belum bekerja atau kehilangan pekerjaan karena pandemi, melalui program Kartu Prakerja.

Agar bisa lolos Kartu Prakerja Gelombang 20, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak lolos Prakerja.

Berikut beberapa hal penyebab tak lolos seleksi penerima Prakerja sebagai bahan pertimbangan cara daftar Kartu Prakerja atau cara daftar Prakerja sebagaimana dirangkum dari Kontan, Kompas TV, dan Tribunnews.

Baca juga: Biaya dan Syarat Perpanjang STNK Tahunan

1. Berstatus pelajar atau mahasiswa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu syarat untuk mengikuti program Kartu Prakerja adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Jika Anda sedang bersekolah atau kuliah dan mendaftar Kartu Prakerja, maka dapat dipastikan tidak lolos.

2. Pernah lolos Prakerja

Bagi yang pernah lolos Kartu Prakerja dan mendaftar lagi di gelombang selanjutnya, maka dipastikan tidak akan lolos dalam seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20 Sebab, NIK akan diblokir agar tidak bisa lolos seleksi Prakerja lagi di sistem Prakerja.go.id. Hal ini dilakukan agar yang menerima Kartu Prakerja bisa merata.

“Mereka yang sudah pernah menerima Kartu Prakerja tidak boleh ikut seleksi, NIK-nya kami blok demi asas pemerataan,” kata Head of Communications Managemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Baca juga: Rincian Biaya Perpanjang SIM C, SIM A, dan SIM B Terbaru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.