Kompas.com - 28/08/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi asuransi FREEPIK.comIlustrasi asuransi

KOMPAS.com - Investasi tak melulu saham, reksadana, deposito, emas, dan properti. Ternyata asuransi yang tujuan utamanya sebagai proteksi atau perlindungan diri bisa dijadikan investasi.

Agar investasi dalam bentuk asuransi menjadi maksimal, berikut tips yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Cermati.com.

Lirik asuransi unit link

Asuransi unit link adalah jenis asuransi yang mengombinasikan dua produk, yakni asuransi dan produk investasi. Jadi, asuransi unit link merupakan produk asuransi yang memberi manfaat perlindungan sekaligus investasi.

Asuransi unit link sangat pas buat kamu yang menyukai investasi jangka panjang dan bermaksud meningkatkan kekayaan. Kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam satu polis.

Dalam manfaat investasi ini, perusahaan asuransi menjamin uang tunai jika nasabah membayar premi secara konsisten. Kamu dapat memilih investasi berdasarkan kebutuhan maupun profil risiko Anda.

Bisa dalam bentuk reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, maupun surat berharga syariah. Uang premi yang kamu bayarkan, sebagian digunakan untuk membayar produk perlindungan dan sebagian lagi ditempatkan pada produk investasi sesuai pilihan.

Selain keuntungannya, unit link juga memiliki risiko. Salah satunya penurunan nilai investasi saat asuransi unit link jatuh tempo sehingga membuatmu rugi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perluas manfaat pertanggungan

Asuransi memang bukan investasi, tetapi manfaat jangka panjang inilah yang membuatnya mirip investasi. Sama-sama untuk masa depan.

Semakin kamu berasuransi dalam jangka panjang, makin banyak uang pertanggungan yang diterima. Manfaat pertanggungan asuransi pada dasarnya terbatas.

Sebaiknya perluas manfaatnya agar lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Contoh, asuransi kesehatan untuk sakit biasa, diperluas dengan manfaat pertanggungan penyakit kritis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.