Fakta Seputar KA Bandara YIA: Harga Tiket, Rute, dan Jadwal Operasi

Kompas.com - 28/08/2021, 17:09 WIB
Penampakan jalur layang KA Bandara YIA yang merupakan jalur ganda. KemenhubPenampakan jalur layang KA Bandara YIA yang merupakan jalur ganda.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah sudah menggelar soft launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) pada Jumat (27/8/2021) kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan langsung KA Bandara YIA di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, Yogyakarta.

Dalam peresmian tersebut, Luhut didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengkubuwono X.

Baca juga: Luhut Sebut KA Bandara YIA Disiapkan untuk Meningkatkan Mobilitas

Para pejabat ini juga sempat menjajal KA Bandara YIA yang bermula dari Stasiun YIA, menuju Stasiun Wates, dan diakhiri di Yogyakarta tepatnya Stasiun Tugu.

Meski begitu, sampai saat ini KA Bandara YIA belum beroperasi untuk masyarakat umum. Berikut ini fakta seputar pengoperasian KA Bandara YIA.

Pembangunan KA Bandara YIA

Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian mulai membangun jalur KA Bandara YIA ini pada tahun 2019 dengan biaya investasi sekitar Rp 1,1 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek KA Bandara YIA meliputi pembangunan jalur kereta dimulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 Km.

Jalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1 Km serta 16 unit konstruksi jembatan.

Khusus untuk Stasiun KA di Bandara YIA dibangun oleh PT Angkasa Pura I (Persero) sedangkan fasilitas Stasiun KA Bandara disediakan oleh PT KAI (Persero).

Baca juga: KA Bandara YIA Bakal Layani 30 Perjalanan Per Hari, Mulai Kapan?

Kemenhub telah memastikan aspek keselamatan dari ka Bandara ini, dengan melakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta safety assessment terhadap prasarana jalur KA Bandara YIA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.