Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Seputar KA Bandara YIA: Harga Tiket, Rute, dan Jadwal Operasi

Kompas.com - 28/08/2021, 17:09 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah sudah menggelar soft launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) pada Jumat (27/8/2021) kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan langsung KA Bandara YIA di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, Yogyakarta.

Dalam peresmian tersebut, Luhut didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengkubuwono X.

Baca juga: Luhut Sebut KA Bandara YIA Disiapkan untuk Meningkatkan Mobilitas

Para pejabat ini juga sempat menjajal KA Bandara YIA yang bermula dari Stasiun YIA, menuju Stasiun Wates, dan diakhiri di Yogyakarta tepatnya Stasiun Tugu.

Meski begitu, sampai saat ini KA Bandara YIA belum beroperasi untuk masyarakat umum. Berikut ini fakta seputar pengoperasian KA Bandara YIA.

Pembangunan KA Bandara YIA

Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian mulai membangun jalur KA Bandara YIA ini pada tahun 2019 dengan biaya investasi sekitar Rp 1,1 triliun.

Proyek KA Bandara YIA meliputi pembangunan jalur kereta dimulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 Km.

Jalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1 Km serta 16 unit konstruksi jembatan.

Khusus untuk Stasiun KA di Bandara YIA dibangun oleh PT Angkasa Pura I (Persero) sedangkan fasilitas Stasiun KA Bandara disediakan oleh PT KAI (Persero).

Baca juga: KA Bandara YIA Bakal Layani 30 Perjalanan Per Hari, Mulai Kapan?

Kemenhub telah memastikan aspek keselamatan dari ka Bandara ini, dengan melakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta safety assessment terhadap prasarana jalur KA Bandara YIA.

Jadwal dan rute Bandara YIA

KA Bandara YIA dijadwalkan baru akan beroperasi secara komersial mulai September 2021. Hanya saja, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal beroperasinya KA Bandara YIA.

Kendati demikian, sebelumnya Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menjelaskan bahwa untuk tahap awal pelaksanaan jadwal KA Bandara YIA akan terdapat 30 perjalanan KA per hari dengan waktu perjalanan 39 menit.

“PT KAI selaku operator kereta api akan menyiapkan 4 trainset dengan sistem untuk operasi, perawatan dan cadangan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (12/8/2021) lalu.

Terkait rute KA Bandara YIA, dia menjelaskan nantinya KA ini akan berhenti di tiga stasiun pelayanan yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates dan Stasiun KA Bandara YIA dengan head way rata-rata 60 menit.

“Apabila kondisi penerbangan sudah normal maka frekuensi akan ditingkatkan bertahap sampai 56 perjalanan dengan headway rata rata 30 menit," jelasnya.

Baca juga: Hampir Rampung, Intip Penampakan Jalur Layang KA Bandara YIA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com