Kompas.com - 29/08/2021, 13:00 WIB
Cek resi ThinkstockphotosCek resi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, masyarakat menjumpai permasalahan tidak bisa melakukan cek resi. Hal ini muncul biasanya karena disebabkan oleh beberapa faktor.

Jika mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik. Bisa saja, hal ini terjadi karena adanya gangguan sistem pada server jasa ekspedisi yang Anda pilih.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan tidak bisa cek resi:

Baca juga: Cara Cek Resi J&T: J&T Express dan J&T Reguler

  • Gangguan Sistem

Server jasa ekspedisi terkadang mengalami kendala. Salah satu contoh kendalanya adalah karena server dalam proses perbaikan atau maintenence.

Selain itu, bisa juga karena banyak orang yang secara bersamaan mengakses server tersebut untuk mengecek resi pengirimannya. Akibatnya, server sulit dibuka dan Anda gagal melakukan pelacakan paket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Nomor Resi Pengiriman Belum Diperbaharui

Pada sistem database beberapa ekspedisi, proses penginputan nomor resi membutuhkan waktu sebelum nomor resi dapat dilacak. Sehingga, ada kemungkinan nomor resi baru bisa dilacak sehari setelah paket diterima oleh pihak ekspedisi.

Baca juga: Cara Cek Resi JNE, J&T, Anteraja, Tiki, Pos, Wahana, dan SiCepat

  • Nomor Resi Salah

Terkadang, alasan cek resi tidak bisa dilakukan karena salah menginput nomor resi. Kejadian ini bisa disebabkan oleh Anda yang salah memasukan nomor resi atau pun oleh pihak pengirim barangnya.

  • Nomor Resi Palsu

Nomor resi yang Anda terima dari penjual online palsu. Biasanya hal ini dilakukan oleh online shop nakal untuk menipu para pembelinya.

Mereka berpura-pura sudah mengirim pesanan Anda dengan mengirimkan nomor resinya. Padahal, nomor resi yang dikirimkan adalah palsu.

Dengan begitu, ketika Anda melakukan pelacakan di jasa ekspedisi yang dipilih penjual, nomor resi tersebut tidak terdaftar.

Baca juga: Cara Cek Resi JNE: JNE Reg, JNE OK, JNE Yes, dan JNE JTR

Berikut link resmi untuk lacak pengiriman beberapa perusahaan ekspedisi yang paling sering digunakan masyarakat di Tanah Air dengan mengklik tautan berikut:

  1. Cek resi JNE
  2. Cek resi J&T
  3. Cek resi SiCepat
  4. Cek resi Tiki
  5. Cek resi Pos Indonesia
  6. Cek resi Anteraja
  7. Cek resi Ninja Express

Tautan tersebut merupakan cek resi dari masing-masing laman resmi perusahaan ekspedisi untuk melacak keberadaan dan status barang yang dikirim. Isi nomor resi benar sesuai dengan nomor resi paket dan isi kode captcha jika diperlukan.

Baca juga: Cara Cek Resi SiCepat: SiCepat Reg, SiCepat Halu, dan SiCepat Gokil

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.