5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Investasi Emas Digital

Kompas.com - 29/08/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital memberikan dampak perubahan bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan investasi.

Selain saham dan reksadana, revolusi digital memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses berbagai instrumen investasi dengan modal yang cenderung sedikit, termasuk emas.

Co-Founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, melakukan investasi emas secara online dapat menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi kecil-kecilan.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat untuk Investasi Emas?

"Mengapa demikian? Yah karena investor dapat berinvestasi secara rutin dengan jumlah terkecil sesuai kemampuan finansial dan tujuan investasi. Selain itu, investasi emas secara online, mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya," ujar Indra saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/8/2021).

Indra pun membeberkan setidaknya ada 5 kesalahan utama dalam berinvestasi emas secara online yang harus dihindari oleh para investor untuk memperoleh keuntungan yang maksimal sehingga dapat mencapai tujuan keuangan.

Berikut 5 kesalahan saat berinvestasi emas digital menurut Indra:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Cash flow yang masih berantakan

Menurut dia, kesalahan ini merupakan kesalahan yang paling umum yang dilakukan oleh investor pemula.

Indra menjelaskan, sebelum memulai investasi, sebaiknya para investor melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif.

"Jika cash dalam keadaan sebaliknya, kamu tidak dapat melakukan investasi emas secara rutin atau bahkan berinvestasi menggunakan uang panas," ungkap Indra.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.