Mengenal Rekrutmen Management Trainee Beserta Untung Ruginya

Kompas.com - 30/08/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi Apa Itu Management Trainee dan Bagaimana Kontrak Kerjanya? Shutterstock.comIlustrasi Apa Itu Management Trainee dan Bagaimana Kontrak Kerjanya?

KOMPAS.com - Bagi para pencari kerja, istilah management trainee atau biasa disingkat MT, barangkali sudah tak asing lagi. Management trainee adalah salah satu bentuk perekrutan karyawan baru dalam sebuah perusahaan.

Lalu apa itu management trainee yang seringkali banyak menyasar para lulusan baru atau freshgraduate?

Dilansir dari Workable, management trainee adalah sistem perekrutan di mana calon karyawan atau trainee akan bekerja di bawah pengawasan manajer atau eksekutif perusahaan lainnya.

Tujuan management trainee adalah agar calon karyawan bisa memperoleh semua pengetahuan penting terkait operasional perusahaan dan diharapkan bisa menjadi pemimpin (manajerial) di masa mendatang.

Baca juga: Perbedaan PKWT dan PKWTT Serta Perubahannya di UU Cipta Kerja

Karena dituntut memahami lintas bidang seperti produksi, pemasaran, penjualan, dan operasional lainnya, trainee juga seringkali dirotasi ke departemen yang berbeda selama masa percobaan.

Untung rugi

Karena memang diprogram untuk jenjang posisi manajerial di masa mendatang, karyawan yang masuk melalui jalur MT ini berpeluang mendapatkan jenjang karier yang lebih cepat dibandingkan karyawan lain yang direkrut di luar MT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini karena management trainee adalah proses pelatihan yang terbilang spesial di sejumlah perusahaan, calon karyawan akan diberikan pengetahuan menyeluruh tentang perusahaan dan operasi bisnisnya, serta mendapatkan progam lain seperi pengembangan karakter.

Pelatihannya memakan waktu berbeda-beda setiap perusahaan dan kerapkali dilakukan dalam satu angkatan perekrutan karyawan baru, dan memiliki kontrak selama masa management trainee tersebut.

Baca juga: Mengenal Firma serta Bedanya dengan PT dan CV

Mareka yang masuk dalam management trainee akan bekerja sembari belajar alias learning by doing. Ada perusahaan yang tidak membuat spesifikasi khusus pekerjaan apa yang harus dilakukan management trainee, sehingga bisa jadi calon karyawan akan merasakan semua divisi yang ada.

Meski bekerja sembari belajar, management trainee tentu berbeda dengan magang atau internship. Karena management trainee adalah sifatnya sebagai calon karyawan yang sedang menjalani masa belajar. Gaji dan tunjangan yang diterima pun biasanya lebih besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.