Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Agustus 2021, LandX Telah Bantu Kumpulkan Permodalan Rp 101 Miliar untuk 17 UKM

Kompas.com - 30/08/2021, 17:04 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform equity crowdfunding LandX telah membantu pengumpulan modal senilai Rp 101,2 miliar untuk 17 usaha kecil menengah (UKM) rintisan di Indonesia hingga Agustus 2021.

Perusahaan ini juga menyatakan telah membagi Rp 1,72 miliar nilai dividen yang dibagikan kepada para investor.

CEO LandX Andika Sutoro Putra mengatakan, pencapaian ini menunjukkan platform equity crowdfunding memberikan alternatif pembiayaan bagi investor dan juga perusahaan UKM yang tengah mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Raih Pendanaan 80 Juta Dollar AS Selama Beroperasi, BukuWarung Gaet 6,5 Juta UMKM

"Dengan pencapaian tersebut dan strategi bisnis LandX, kami berharap dapat menjadi  perusahaan urun dana berbasis teknologi  yang bisa membantu UKM di Indonesia," ungkap Andika dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Melihat peluang dan performa bisnis di Tanah Air yang makin membaik, LandX menargetkan bisa mengantongi izin security crowdfunding di 2022 dari OJK, sesuai dengan peraturan OJK terbaru, POJK 57/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.

Peraturan ini menggantikan POJK 37/2018 yang semula hanya mengatur layanan crowdfunding berbasis saham dan saham syariah.

Sejalan dengan peraturan tersebut, akan ada penyempurnaan penambahan basis efek dari peraturan sebelumnya yang semula hanya bersifat ekuitas menjadi ekuitas dan juga hutang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com