Kompas.com - 30/08/2021, 19:33 WIB
Kamar tipe superior Hotel Sahid Serpong di Tangerang Selatan, Banten. ARSIP HOTEL SAHID SERPONGKamar tipe superior Hotel Sahid Serpong di Tangerang Selatan, Banten.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (HSJI) mengungkap strategi pemulihan bisnis yang terdampak pandemi Covid-19.

Dalam paparan publik secara virtual, Senin (30/8/2021), perseroan mengungkapkan, penerapan PPKM untuk menekan angka penyebaran Covid-19 berdampak pada melambatnya kinerja industri hotel dan pariwisata.

Ini dapat terlihat pada rata-rata tingkat hunian yang turun signifikan.

Baca juga: Sebut Keterhunian Hotel Meningkat, Sandiaga Uno Ingatkan Disiplin Prokes

Wakil Presiden Direktur HSJI Ratri S Wakeling memaparkan, pada tahun 2020 perseroan mengalami penurunan tingkat permintaan maupun daya beli konsumen pada sektor pariwisata dan perhotelan

Padahal, di kuartal I sebelum pandemi, perseroan memiliki pertumbuhan kinerja yang cukup kuat.

“Walau pandemi masih berlangsung, kami optimis mampu bangkit dan akan segera beradaptasi dengan berbagai situasi dan tantangan baru sekaligus membangun ketangguhan bisnis melalui berbagai inovasi,” ungkap Ratri secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ratri menjelaskan, saat ini perseroan dalam proses menerapkan strategi pemulihan, dan berfokus pada empat pilar utama yang dinamakan SahidTangguh.

Fokus ini meliputi inovasi produk, perbaikan berkelanjutan, optimalisasi pelayanan dan ketahanan lingkungan.

Baca juga: BEI Suspensi Saham Hotel Sahid, Ini Sebabnya

“Dalam hal ini perseroan akan melakukan terobosan melalui optimalisasi pendapatan per meter persegi melalui perluasan income stream. Dari yang sebelumnya hanya berfokus pada akomodasi dan F&B, saat ini kami melakukan inovasi fungsi ruang dan membuka kolaborasi dengan pihak ketiga untuk membuat optimalisasi penggunaan ruangan di properti-properti kami,” kata dia.

Ratri menambahkan, pada Semester II tahun ini, perseroan akan meluncurkan empat inisiatif utama yang meliputi, outdoor/rooftop private event space (Rimbun), penyediaan ruang bagi content creators (Creators Hub), hunian co-living (Ikigai Residence), dan RR Chocolate yang merupakan destinasi kulinari luxury chocolate terbaru di Jakarta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.