Kompas.com - 31/08/2021, 05:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, ekonomi Indonesia menunjukkan pemulihan.

Hal itu seiring dengan turunnya kasus Covid-19 dan banyaknya kabupaten/kota yang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun levelnya.

"Kita melihat pemulihan ekonomi berjalan cepat," ucap Luhut dalam konfrensi pers virtual, Senin (30/8/2021) malam.

Menurut Luhut, pemulihan yang cepat tercermin dari Survei Mandiri Institute yang menunjukkan peningkatan indeks belanja dan kunjungan ke tempat belanja di Jawa Bali.

Baca juga: Luhut Minta Tak Ada Lagi Impor Alat-alat Kesehatan

"Selain itu, pemulihan juga terlihat dari mobilitas masyarakat untuk retail and recreation yang meningkat pesat," katanya.

Meski demikian Luhut mengaku masih ada wilayah yang PPKM-nya masih berkutat di level 4.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Terdapat dua wilayah aglomerasi yang saat ini masih pada level 4, yakni DIY dan Bali. Untuk DIY, saya kira akan masuk ke level 3 dalam satu minggu ke depan," sebutnya.

Hal itu menyusul Malang Raya dan Solo Raya yang kini telah menunjukkan perbaikan dalam penanganan kasus Covid-19 sehingga status levelnya diturunkan dari PPKM Level 4 menjadi Level 3.

Sementara untuk Bali lanjut Luhut, dirinya bersama tim akan langsung terjun ke lapangan memastikan masalah yang dihadapi Pulau Dewata tersebut dalam penanganan Covid-19.

Luhut menambahkan, meskipun Bali masih di level 4, namun menunjukkan tren perbaikan dan diperkirakan dapat turun ke level 3 pada beberapa waktu kedepan.

"Khusus untuk wilayah Bali, dalam arahan Presiden, beliau meminta secara khusus untuk segera dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan. Untuk itu, kami akan kembali turun ke lapangan untuk kembali melihat kendala yang dihadapi supaya tren perbaikannya dapat dipercepat," jelasnya.

Pada kesempatan itu Luhut memaparkan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 dalam masa PPKM Jawa dan Bali ini.

Baca juga: Luhut: Demi Ekonomi Rakyat, PPKM Dibuka Berkala Menyesuaikan Kondisi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.