Kompas.com - 31/08/2021, 06:08 WIB
Ilustrasi streaming film di laptop. ShutterstockIlustrasi streaming film di laptop.

JAKARTA, KOMPAS.com – Seberapa sering kamu menekan tombol skip saat menonton video di internet? Atau seberapa sering kamu diinterupsi oleh iklan saat mendengarkan musik di layanan streaming musik? Menyebalkan bukan?

Munculnya iklan di awal atau bahkan di tengah-tengah tayangan yang sedang kita nikmati memang terkadang membuat kesal. Itulah strategi yang dilakukan agar kamu memilih untuk meng-upgrade layanan tersebut menjadi premium.

Tak sedikit orang yang akhirnya memutuskan untuk membayar lebih agar mendapatkan layanan premium dari sebuah aplikasi. Tujuan kita menggunakan aplikasi layanan streaming memang untuk hiburan, jadi wajar saja jika pengalaman streaming bebas iklan sangat diimpikan.

Baca juga: Pandemi Masih Nyata, Investasi P2P Lending Masih Menarik?

Ditambah lagi pada masa pandemi yang memaksa kita untuk tidak bepergian ini, tentu saja orang akan memilih untuk mencari layanan hiburan yang dapat dinikmati di rumah. Oleh karena itu, terjadi peningkatan penggunaan layanan streaming.

Namun ternyata pengeluaran kita pada kebutuhan hiburan atau entertainment seringkali tidak terkontrol. Hal ini dikarenakan hiburan berkaitan dengan emosi manusia.

“Seringkali kita menggunakan emosi dalam mengambil keputusan keuangan bukan berdasarkan logika. Makanya banyak pengeluaran yang berlebihan biasanya ketika bulan liburan sudah tiba,” sebut Perencana keuangan Finansialku, Rizqi Syam CFP®.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, bagaimana cara mengontrol pengeluaran untuk hiburan?

Bagi kamu yang belum memulai berlangganan layanan streaming berbayar, Rizqi merekomendasikan untuk coba terlebih dahulu masa trial yang ditawarkan.

Setelah itu pahami apakah aplikasi tersebut bisa memenuhi kebutuhan hiburan kamu atau tidak. Jika aplikasi tersebut dirasa cocok, selanjutnya adalah melihat penawarannya.

“Biasanya beberapa aplikasi menawarkan harga yang lebih murah dengan berlangganan untuk satu tahun dan ada pilihan untuk berlangganan keluarga yang lebih murah. Terakhir, lihat apakah bisa dibayar dengan poin kartu kredit yang kamu miliki atau poin pembayaran lain,” ujar Rizqi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.