Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: 331,6 Juta Dosis Vaksin Bakal Datang pada Agustus-Desember 2021

Kompas.com - 31/08/2021, 10:35 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo mengatakan, Indonesia akan mendapat tambahan dosis vaksin sebesar 331,6 juta dosis sepanjang Agustus sampai Desember 2021.

Tambahan vaksinasi ini sebagai percepatan menuju kekebalan komunal (herd immunity) dengan 70 persen penduduk RI harus mendapat vaksinasi.

"Kita akan dapat tambahan vaksin selama Agustus-Desember 2021 sebesar 331.675.000 dosis, dengan rincian 258.675 yang sudah fix, dan 73.000 yang unfix atau menunggu perkembangan lebih lanjut," kata Jokowi dalam Kongres ISEI XXI secara virtual, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Luhut Sebut Etana Gandeng China Produksi 70 Juta Dosis Vaksin mRNA pada Juli 2022

Saat ini, sebanyak 61,5 juta atau 29,5 persen warga telah mendapat vaksin tahap pertama dan 34,8 juta atau 16,7 persen warga sudah mendapat vaksinasi tahap kedua.

Jokowi menyebut, vaksinasi mampu menahan penyebaran virus. Dalam dua minggu terakhir, kasus Covid-19 di Indonesia sudah turun signifikan sebesar 86,9 persen.

Angka kesembuhan pun lebih tinggi jika dibandingkan penambahan kasus konfirmasi positif.

"Alhamdulillah kasus Covid-19 Indonesia sudah melewati puncaknya dan turun signifikan dalam 2 minggu terakhir. Penurunan BOR nasional saat ini 27 persen," beber Jokowi.

Presiden menyebut, Indonesia tetap tidak boleh lengah meski kasus menurun.

Baca juga: Pemerintah Cadangkan Anggaran Vaksin hingga Rp 36 Triliun pada 2022

Jokowi mengimbau agar tetap waspada dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Kita semua harus tetap meningkatkan upaya kita untuk mengendalikan pandemi ini. Ketersediaan obat antivirus dan oksigen juga tetap menjadi prioritas, paket vitamin dan obat untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri juga terus kita distribusikan ke seluruh daerah," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com