Percepat Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, Widodo Makmur Perkasa Bangun PLTS 158 MWp

Kompas.com - 31/08/2021, 12:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Widodo Makmur Perkasa melakukan kerja sama dengan SUN Energy dan Agra Surya Energy, dalam rangka menyediakan panel surya di berbagai fasilitas produksi perusahaan.

Infrastruktur panel surya akan diimplementasikan di beberapa fasilitas produksi Widodo Makmur Perkasa, mulai dari fasilitas farm dan feedmill milik PT Pasir Tengah, fasilitas rumah potong hewan, meat processing plant, dan cold storage milik PT Cianjur Arta Makmur, serta fasilitas feedmill, commercial farm, rumah potong hewan unggas, dan hatchery milik perusahaan.

CEO Widodo Makmur Perkasa Tumiyana mengatakan, melalui kerja sama ini, pada tahap awal WMP Grup akan mengaplikasikan infrastruktur solar panel dengan kapasitas 37,7 MWp yang akan rampung pada kuartal I-2022 dari total target penggunaan energi terbarukan sebesar 158 MWp di 2026.

Baca juga: Aturan Baru PLTS Atap: Bisa Ekspor Listrik 100 Persen hingga Percepatan Waktu Pemasangan

Langkah pemberdayaan sumber energi ramah lingkungan di wilayah kerja perusahaan dinilai akan mendorong percepatan realisasi komitmen dan visi perusahaan untuk bertransformasi menjadi bisnis hijau, holistik dan berkelanjutan, serta sebagai bukti nyata penerapan prinsip environmental, social and corporate governance (ESG).

"Tidak berhenti pada penerapan solar panel yang ramah lingkungan, langkah upaya transformasi keberlanjutan lainnya juga akan diaplikasikan oleh perusahaan yang pada akhirnya langkah ini akan menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas," tutur dia, dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Direktur Agra Surya Energy Harvey Tjokro menyebutkan, sebagai perusahaan penyedia energi hijau, pihaknya mendukung penuh transformasi perusahaan Indonesia yang tengah bertransformasi menuju ke arah model bisnis yang lebih hijau.

"Dengan Langkah yang diambil WMP ini, kami harap dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk beralih ke pemberdayaan energi terbarukan untuk kemajuan bangsa," katanya.

Direktur Utama SUN Energy Roy Wijaya menjelaskan, penggunaan panel surya merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh perusahaan untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon sekaligus menciptakan ekosistem perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

" Tindakan korporasi ini patut diberikan penghargaan karena turut menciptakan lingkungan yang lestari demi masa depan negeri," ucapnya.

Baca juga: Kementerian ESDM: Revisi Aturan PLTS Atap Bukan Buat Subsidi Orang Kaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.