Ketergantungan Impor Komponen Chip, Ternyata Indonesia Sempat Ekspor ke Luar Negeri

Kompas.com - 31/08/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi impor, Pengertian perdagangan internasional, salah satu hambatan dalam perdagangan internasional adalah, dampak positif dari perdagangan internasional adalah, perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam, manfaat perdagangan internasional. SHUTTERSTOCKIlustrasi impor, Pengertian perdagangan internasional, salah satu hambatan dalam perdagangan internasional adalah, dampak positif dari perdagangan internasional adalah, perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam, manfaat perdagangan internasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia saat ini menjadi salah satu negara importir komponen chip semikonduktor. Padahal, Indonesia sempat melakukan ekspor produk elektronika tersebut dengan nilai yang besar.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektonika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier mengatakan, 1985, Indonesia melalui perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi di Tanah Air sempat melakukan ekspor produk chip semikonduktor senilai 135 juta dollar AS.

"Indonesia tahun 1985 pernah mengekspor semikonduktor senilai 135 juta dollar AS, karena pada saat itu ada pabrik dari Amerika Serikat masuk ke Indonesia," kata Taufiek dalam diskusi virtual, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Luhut Minta Tak Ada Lagi Impor Alat-alat Kesehatan

Produsen chip tersebut merupakan hasil investasi dari dua perusahaan Amerika Serikat, yakni Fairchild Semiconductor International dan National Semiconductor.

Perusahaan itu mulai berproduksi di Indonesia pada 1973.

Akan tetapi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasismita menyebutkan, perusahaan tersebut hengkang dari Indonesia, tidak lama setelah ekspor berhasil dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang berakibat sejak kejadian itu Indonesia menjadi negara mayoritas pengimpor komoponen chip semi konduktor," ujar dia.

Dengan adanya ketergantungan pasokan dari luar negeri, krisis pasokan global chip semikonduktor yang terjadi sejak merebaknya pandemi Covid-19 turut berimbas kepada ketersediaan stok nasional.

Baca juga: Kementan Klaim Produksi Pertanian Lokal Penuhi Kebutuhan Nasional dan Tekan Impor

Oleh karenanya, Indonesia didorong untuk kembali memiliki produsen chip semikonduktor nasional.

Selain untuk memastikan ketersediaan stok chip semikonduktor, produksi dalam negeri disebut perlu dilakukan untuk menciptakan kemandirian nasional.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.