Diresmikan Jokowi, Ini Manfaat Bendungan Kuningan untuk Warga Sekitar

Kompas.com - 31/08/2021, 16:28 WIB
Peresmian Bendungan Kuningan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). dok. Sekretariat PresidenPeresmian Bendungan Kuningan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat., Selasa (31/8/2021).

Bendungan tersebut akhirnya selesai setelah melalui pembangunan selama 7 tahun dengan total biaya Rp 513 miliar.

“Hari ini selesai dan siap untuk difungsikan dengan kapasitas tampung 25,9 juta meter kubik,” kata Jokowi dalam sambutannya dalam peresmian Bendungan Kuningan.

Bendungan Kuningan ini akan menyuplai air secara kontinu, menyediakan air pertanian/irigasi bagi 3.000 hektar sawah masyarakat di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Brebes.

Baca juga: Apa Itu Proyek Strategis Nasional?

“Jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga, petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi dua atau tiga kali setahun,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dengan begitu, menurut Jokowi keberadaan Bendungan Kuningan diharapkan dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bendungan ini juga sangat bermanfaat untuk ketahanan air, mengendalikan banjir, menyediakan air baku 0,30 meter kubik per detik, serta menghasilkan listrik 0,5 megawatt,” tandasnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Negara meminta agar bendungan ini disambungkan dengan penataan jaringan irigasi, mulai saluran primer, saluran sekunder, saluran tersier, sampai ke kuarter.

Menurut Jokowi, hal ini penting ditekankan agar kehadiran bendungan ini betul-betul bermanfaat menyediakan air irigasi bagi para petani.

Baca juga: Daftar Terbaru Proyek Strategis Nasional Ketenagalistrikan 2021

“Saya berharap bendungan ini juga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah, bukan saja meningkatkan produktivitas pertanian tapi juga memudahkan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.