Pertamina Operasikan SPBU "Hijau", Apa Bedanya dengan yang Biasa?

Kompas.com - 01/09/2021, 06:05 WIB
Green Energy Station Pertamina PT Pertamina Patra NiagaGreen Energy Station Pertamina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 SPBU berkonsep ramah lingkungan yang disebut Green Energy Station (GES).

GES diluncurkan oleh Pertamina Patra Niaga untuk mempercepat transisi energi, dari energi fosil menuju energi ramah lingkungan.

Berbeda dengan SPBU pada umumnya, GES menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, PLTS memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU.

Baca juga: September Ceria, Cek 5 Bansos yang Cair Bulan Ini

"Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional," kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Selain itu, GES juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh SPBU pada umumnya, yakni stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah dukungan kami untuk memperkuat dan mempercepat penyiapan ekosistem hilir kendaran bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia," ujar Alfian.

"Saat ini sudah tersedia lima charging station di SPBU Fatmawati II, SPBU MT Haryono, SPBU Lenteng Agung, SPBU Kuningan, dan SPBU Soekarno Hatta yang masih bisa dinikmati tanpa biaya," tambahnya.

Baca juga: PGN Salurkan Gas ke Kilang Balongan Milik Pertamina

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.