Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I- 2021, Pertamina Setor Rp 110,6 Triliun ke Negara

Kompas.com - 01/09/2021, 13:43 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) setorkan dana Rp 110,6 triliun kepada negara sepanjang semester I-2021.

Dana tersebut berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan dividen sejumlah Rp 70,7 triliun. Nilai tersebut naik hampir 10 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan sisanya atau Rp 39,9 triliun adalah pembayaran Pertamina kepada Negara melalui Minyak Mentah dan Kondesat Bagian Negara (MMKBN). Angka ini merupakan nilai kontribusi Pertamina dalam waktu 6 bulan terakhir.

Baca juga: SKK Migas Setujui Pengembangan Komplek Gajah Besar Pertamina

Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina mengatakan, sebelumnya Pertamina juga telah menyetorkan hampir Rp 200 triliun sepanjang tahun 2020.

“Kontribusi kepada keuangan negara ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan peningkatan produktivitas Pertamina. Tambahan triliunan rupiah lainnya telah kami gelontorkan untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi, baik secara langsung di aspek kesehatan maupun pendampingan untuk UMKM,” kata Fajriyah dalam siaran pers, Rabu (1/9/2021).

Fajriyah mengungkapkan, selain dari kontribusi Pertamina yang langsung berdampak pada keuangan negara, Pertamina juga mendukung berbagai program pemerintah khususnya terkait percepatan penanganan Covid-19.

"Guna membantu memulihkan perekonomian masyarakat, Pertamina juga menjalankan program pemberdayaan untuk lebih dari 13.000 UMKM terdampak pandemi agar dapat bertahan di tengah pandemi bahkan naik kelas hingga bisa Go Global," jelas Fajriyah.

Meskipun hantaman pandemi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua terus memberikan tekanan signifikan pada kinerja keuangan, namun peningkatan produktivitas Pertamina tetap dapat tercermin dari laba bersih semester 1 - 2021 yang sebesar 183 juta dollar AS.

Baca juga: Perubahan Skema Subsidi Elpiji 3 Kg dan Listrik Tunggu Kesiapan PLN dan Pertamina

"Seluruh pencapaian Pertamina ini tidak terlepas dari hasil dan manfaat restrukturisasi yang dijalankan secara solid oleh Direksi dan manajemen Subholding, sehingga berjalan lancar dimana legal endstate untuk beberapa Subholding telah tercapai dan dalam proses penyelesaian keseluruhan tahapan," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com