Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI Kembali Terpilih Jadi Ketua ISEI

Kompas.com - 01/09/2021, 14:10 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2021-2024

“Proses pemilihan ketua umum berjalan demokratis, sesuai tata kelola AD ART, dan hasilnya menyepakati saya, Perry Warjiyo, meneruskan amanat untuk 3 tahun ke depan,” kata Perry, dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Mau Ubah Struktur Ekonomi, Jokowi: Kita Dorong Hilirisasi untuk Industrialisasi

Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat Perry akan segera menyusun jajaran kepengurusan ISEI, yang akan melibatkan berbagai profesi, mulai dari akademisi, pelaku usaha, dan juga pemerintah.

“Dan tentu saja pengurus-pengurus yang terus memberikan kontribusi akan kami ajak, dan juga berbagai pihak, mari kita majukan ISEI demi kepentingan ekonomi dan bangsa,” ujarnya.

Pada periode kepemimpinannya kali ini, Perry akan tetap fokus menggunakan pendekatan akademis, bisnis, dan pemerintahan, dalam rangka menciptakan rekomendasi kebijakan, guna mempercepat laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemudian, ISEI juga akan mempercepat transformasi ekonomi, khususnya bagi sektor riil, melalui penguatan strategi inovasi.

Sejumlah inovasi percepatan transformasi telah disiapkan oleh ISEI, mulai dari hilirisasi sumber daya alam manufaktur, penguatan mata rantai ekonomi lokal, sampai pengembangan ekonomi hijau.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Tak Ada Jaminan Ekonomi Bisa Pulih Usai Terkontraksi

“Peran ISEI sangat penting untuk kawan-kawan dari akademis yang banyak lakukan kajian, bisa diaplikasikan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ujar Perry.

Selain itu, ISEI berencana mendorong digitalisasi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pertanian.

Terakhir, Perry menyebutkan, dirinya berencana memperkuat pemberdayaan ISEI daerah, dengan harapan bisa memperkuat ekonomi di sekitarnya.

“Banyak juga masukan empowerement ISEI daerah,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com