Kompas.com - 01/09/2021, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2021-2024

“Proses pemilihan ketua umum berjalan demokratis, sesuai tata kelola AD ART, dan hasilnya menyepakati saya, Perry Warjiyo, meneruskan amanat untuk 3 tahun ke depan,” kata Perry, dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Mau Ubah Struktur Ekonomi, Jokowi: Kita Dorong Hilirisasi untuk Industrialisasi

Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat Perry akan segera menyusun jajaran kepengurusan ISEI, yang akan melibatkan berbagai profesi, mulai dari akademisi, pelaku usaha, dan juga pemerintah.

“Dan tentu saja pengurus-pengurus yang terus memberikan kontribusi akan kami ajak, dan juga berbagai pihak, mari kita majukan ISEI demi kepentingan ekonomi dan bangsa,” ujarnya.

Pada periode kepemimpinannya kali ini, Perry akan tetap fokus menggunakan pendekatan akademis, bisnis, dan pemerintahan, dalam rangka menciptakan rekomendasi kebijakan, guna mempercepat laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemudian, ISEI juga akan mempercepat transformasi ekonomi, khususnya bagi sektor riil, melalui penguatan strategi inovasi.

Sejumlah inovasi percepatan transformasi telah disiapkan oleh ISEI, mulai dari hilirisasi sumber daya alam manufaktur, penguatan mata rantai ekonomi lokal, sampai pengembangan ekonomi hijau.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Tak Ada Jaminan Ekonomi Bisa Pulih Usai Terkontraksi

“Peran ISEI sangat penting untuk kawan-kawan dari akademis yang banyak lakukan kajian, bisa diaplikasikan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ujar Perry.

Selain itu, ISEI berencana mendorong digitalisasi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pertanian.

Terakhir, Perry menyebutkan, dirinya berencana memperkuat pemberdayaan ISEI daerah, dengan harapan bisa memperkuat ekonomi di sekitarnya.

“Banyak juga masukan empowerement ISEI daerah,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.