Tingkatkan Literasi Digital untuk UMKM, Kemenkop UKM Gandeng MSC

Kompas.com - 01/09/2021, 16:08 WIB
Tingkatkan Literasi Digital, Kapasitas Koperasi dan UMKM Menuju Ekonomi Digital dan Inklusi Keuangan, KemenkopUKM Gandeng MSC Humas Kemenkop UKMTingkatkan Literasi Digital, Kapasitas Koperasi dan UMKM Menuju Ekonomi Digital dan Inklusi Keuangan, KemenkopUKM Gandeng MSC

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng MicroSave Consulting (MSC) untuk menginisasi kerjasama dalam rangka meningkatkan Literasi Digital dan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan, dengan adanya kerja sama dengan MSC, diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada pelaku koperasi dan UMKM melalui pemanfaatan kajian berbasis bukti dan optimalisasi akses serta kapasitas koperasi dan UMKM.

“Kami berharap kolaborasi yang dilakukan dengan pihak MSC, dapat membantu kami melakukan risetata kajian berkaitan dengan perkembangan Koperasi dan UMKM di Indonesia, yang outputnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan perumusan kebijakan dan perencanaan program dalam mencapai target-target pemberdayaan Koperasi dan UMKM,” ujarnya usai penandatangan secara virtual, Rabu (1/8/2021).

Baca juga: Bantu UMKM, Perry Warjiyo Minta ISEI Kembangkan Startup Lokal

Menurut dia, tujuan dari nota kesepahaman ini adalah, untuk menjalankan kerjasama pengembangan KUMKM secara inklusif, termasuk dalam pelaksanaan penelitian, kapasitas digital, seminar, dan dukungan kebijakan.

Sementara itu, Country Director MSC Indonesia Consulting Grace Retnowati mengatakan, pihaknya menyambut baik kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Besar harapan kami, kerja sama ini dapat mendukung program pemerintah dalam percepatan peningkatan kapasitas digital UKM dalam menuju ekonomi digital dan meningkatkan Inklusi Keuangan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MSC Asia and Africa Director, Manoj Sharma juga menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap pemerintah Indonesia atas upaya yang telah dilakukan dalam pemulihan dan pemberdayaan UKM dalam masa pandemi.

Baca juga: BLT UMKM Sudah Tersalurkan Rp 14,21 Triliun kepada 11,84 Juta Penerima

Manoj memaparkan berdasarkan perspektif gender, 21 persen pemilik usaha di Indonesia adalah perempuan dan ini adalah angka yang tinggi dibandingkan rata-rata jumlah perempuan pemilik usaha di dunia yang hanya 8 persen.

Sedangkan dalam kategori usaha mikro dan menengah di Indonesia, jumlah perempuan pemilik usaha mencapai 50 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.