Jadi Jalur Alternatif Cirebon-Kuningan, Jalan Lingkar Timur Kuningan Kelar November 2021

Kompas.com - 01/09/2021, 17:40 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan ke lokasi pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan pada Selasa (31/8/2021). dok. Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan ke lokasi pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan pada Selasa (31/8/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan yang dimulai sejak Desember 2019, ditargetkan kelar pada November 2021 mendatang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Ditjen Bina Marga saat ini tengah berupaya menyelesaikan pembangunan tersebut.

Jalan Lingkar Timur Kuningan sepanjang 7,2 Km ini dibangun sebagai jalan alternatif dari Cirebon ke Kuningan sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur utama Cirebon – Kuningan.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Ini Manfaat Bendungan Kuningan untuk Warga Sekitar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat melakukan tinjauan ke lokasi pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan pada Selasa (31/8/2021) kemarin.

"Tolong diawasi betul pekerjaannya, sebagai konsultan pengawas mewakili project owner dalam hal ini Kementerian PUPR untuk memastikan kualitas pembangunannya,” ujar Basuki kepada tim konsultan pengawas, dikutip dari keterangan resmi pada Rabu (1/9/2021).

“Karena supervisi yang baik menentukan kualitas infrastrukturnya," sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan, progres pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan saat ini berdasarkan data sudah sebesar 71,6 persen, dengan target akhir November 2021 rampung seluruhnya.

Baca juga: Daftar Terbaru Proyek Strategis Nasional Ketenagalistrikan 2021

"Insya Allah tidak ada hambatan berarti termasuk hujan, sehingga dapat selesai sesuai target,"ujarnya.

Dari total panjang 7,241 Km dari Desa Garatengah, Kecamatan Japara sampai ke Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Wilan mengatakan terdapat pembangunan jembatan sepanjang 50 meter.

"Pembangunan jalan lingkar timur ini merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Pemda sebelumnya telah membangun sepanjang 6,5 Km, jadi total sekitar 13,7 Km," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.