E-COMMERCE

Kisah Grandvilleabon, Bermula dari Makanan Kesukaan Jadi Laris Manis di Pasaran

Kompas.com - 01/09/2021, 20:29 WIB
Proses penerimaan pesanan hingga pengemasan Grandvilleabon. Dok. ShopeeProses penerimaan pesanan hingga pengemasan Grandvilleabon.

KOMPAS.com – Belakangan ini, bisnis online di bidang food and beverages (F&B) tengah digandrungi banyak orang.

Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya minat masyarakat dalam mengakses platform online serta keberadaan pangan yang menjadi hal essensial dan prioritas sehingga perlu dipenuhi setiap hari.

Berangkat dari kebutuhan itu, pemilik usaha makanan anak Grandvilleabon di Surabaya, Jessica FS memulai kariernya untuk berbisnis F&B online di tengah pandemi.

Ide berbisnisnya bermula dari kesulitan Jessica untuk memberikan makanan yang disukai oleh anaknya. Saat itu, anaknya berusia 5 tahun.

Baca juga: Gelar Kampanye 9.9 Super Shopping Day, Shopee Targetkan 1,2 Juta UMKM Berpartisipasi

Setelah mencoba berbagai resep, akhirnya Jessica berhasil menciptakan olahan daging berupa abon sapi yang bisa dinikmati oleh sang anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat respons si kecil yang menyukai makanan buatannya, ia pun memutuskan untuk memproduksi Grandvilleabon agar dapat dikomersilkan.

Jessica pun mulai memasarkan Grandvilleabon secara offline di pasar tradisional. Namun, jika hanya mengandalkan pemasaran offline, ia merasa sulit untuk dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas karena keterbatasan media promosi dan sistem pengiriman.

“Awalnya, saya hanya modal nekat saja untuk coba menjual produk Grandvilleabons secara offline, tetapi tidak berkembang secara pesat karena penjualan hanya terjadi di pasar itu saja,” kata Jessica dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Jawab Keresahan UMKM, Shopee Gandeng Pemprov Jateng Dirikan Kampus UMKM di Semarang

Menurutnya, untuk dapat mempertahankan bisnis di era digital, perlu adanya penyesuaian strategi bisnis dan juga dukungan dari karyawannya.

Jessica pun memutar otak untuk menyesuaikan berbagai strategi pemasaran yang dapat membantunya mengembangkan bisnis secara optimal, salah satunya dengan bergabung bersama e-commerce Shopee.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.