Kompas.com - 02/09/2021, 20:30 WIB
Aplikasi Warung Pangan (WP) Grosir milik PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics. Dok. BGR LogisticsAplikasi Warung Pangan (WP) Grosir milik PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengatakan, aplikasi Warung Pangan telah tersedia di tujuh kota besar Indonesia sejak satu tahun diluncurkan.

Warung Pangan merupakan aplikasi yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi & UKM dan Kementerian BUMN untuk membantu warung UMKM dalam mendapatkan pasokan bahan pangan dimasa pandemi Covid-19. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada 12 Agustus 2020 lalu.

"Saat ini Warung Pangan sudah hadir di 7 kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya dan Pangkal Pinang. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 44.000 mitra warung yang terdaftar dan aplikasi ini sudah terkoneksi dengan Bank Himbara, Dana dan Link Aja serta sudah terintegrasi dengan pengusaha kecil dan menengan serta Koperasi dalam pasokan produk pangannya," ujar Kuncoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Ada Aplikasi Warung Pangan, Apa Kegunaannya?

Kuncoro menjelaskan, keistimewaan aplikasi ini adalah produk pangan yang di pasok dari daerah pemasok akan di jual di daerah asalnya, sehingga memotong biaya logistik yang selalu menjadi kendala selama ini.

Aplikasi ini juga telah memiliki beberapa fitur seperti e-commerce pada umumnya. Mulai dari WP Asik untuk pendanaan, WP fund yang bekerjsama dengan BRI dan Bank Mandiri untuk permodalan warung UMKM, WP Grosir untuk masyarakat yang berminat menjadi pengusaha, tapi tidak mempunyai tempat atau warung dan WP Enterpreneur yang bekerjasama dengan Jakpro dan Bank Mandiri untuk pemberdayaa mitra dalam membuat rencana pengembangan bisnis warung atau usahanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbaru, terdapat fitur yang bernama WP Supplier. Fitur tersebut dapat digunakan oleh perorangan atau pengusaha kecil menengah jika ingin memasok produk pangannya ke aplikasi bentukan Kementerian Koperasi & UMKM dan Kementerian BUMN tersebut.

"WP Supplier ini merupakan fitur Warung Pangan berbasis web-based. Bagi perorangan atau pengusaha yang ingin bergabung menjadi pemasok bahan pangan bisa langsung mengakses di website resmi Warung Pangan di www.warungpangan.com," kata Kucoro.

Baca juga: Lewat Aplikasi Ini, Mitra Warung Pangan Bisa Pinjam Modal Usaha

Sebagai informasi, WP Supplier sendiri dibentuk sebagai salah satu fitur pendukung aplikasi dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional bersama dengan seluruh pemasok untuk penyerapan produk pangan dan sembako yang lebih optimal.

Aplikasi web based ini bisa dipakai oleh para pengusaha kecil atau menengah maupun perorangan atau koperasi untuk memasok produk pangannya di aplikasi yang didukung oleh BUMN Kluster pangan tersebut.

Bagi Anda yang berminat menjadi supplier di aplikasi tersebut bisa langsung mengisi form pendaftaran di laman https://warungpangan.com/supplier/register.

Setelah masuk ke laman tersebut, Anda hanya tinggal menekan tombol "Daftar Sebagai Supplier" untuk mendapatkan formulir pendaftarannya.

Baca juga: Sambut Harbolnas, Warung Pangan Tebar Diskon untuk UMKM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.