Kompas.com - 03/09/2021, 11:52 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
Penulis Mutia Fauzia
|


BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China, Xi Jinping mengatakan, negara tersebut bakal membentuk bursa saham khusus untuk usaha kecil menengah (UKM) di ibu kota negara, Beijing.

Dilansir dari CNBC, Jumat (3/9/2021), saat ini terdapat dua bursa saham besar di China yang berada di pusat keuangan Shanghai, serta di bagian selatan kota Shenzen, yang berbatasan langsung dengan Hong Kong.

Bursa khusus UKM dibentuk dengan tujuan untuk memberikan dukungan terhadap perkembangan sektor tersebut.

Dalam sebuah video yang diunggah dalam rangka China International Fair for Trade in Services (CIFTIS), Xi mengatakan China akan menlanjutkan dukungan untuk perkembangan UKM di negara tersebut.

Baca juga: Pengadilan Tinggi China Kecam Budaya Kerja 996, Apa Itu?

Hal itu bakal dilakukkan dengan memperdalam proses reformasi indeks papan saham UKM (New Third Board).

"Selain itu juga membentuk bursa saham beijing sebagai platform utama untuk melayani inovasi bagi UKM," ujar Presiden Xi Jinping.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CNBC mengutip Reuters melaporkan, pada Maret lalu China tengah mempertimbangkan untuk membangun bursa untuk menarik perusahaan terdaftar di luar negeri dan meningkatkan status pasar saham di tingkat global.

Sumber tersebut kemudian mengatakan bakal meningkatkan bursa saham yang saat ini ada di Beijing untuk UKM, yang disebut dengan indeks papan saham UKM menjadi opsi lain yang sedang didiskusikan.

Regulator sekuritas China mengatakan sedang membentuk bursa saham Beijing yang akan membantu memperdalam reformasi struktural dari sisi suplai dan meningkatkan sistem permodalan pasar.

Baca juga: Pemerintah China Bakal Atur Harta Orang Terkaya, Untuk Apa?

China Securities Regulatory Commission (CSRC) dalam keterangan yang diterbitkan setelah keterangan Presiden Xi Jinping menyebutkan, pihak otoritas bersemangat atas prospek baru tersebut. Selain itu, mereka juga bakal mempelajari usulan Presiden Xi Jinping untuk memberlakukan usulan Presiden Xi Jinping.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.