Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kemungkinan Pandemi Setelah Covid-19, AS Siapkan Anggaran Rp 923 Triliun

Kompas.com - 04/09/2021, 18:00 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNBC


WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintahan Presiden Joe Biden menyiapkan anggaran senilai 65 miliar dollar AS atau sekitar Rp 923 triliun (kurs Rp 14.200) untuk memerangi ancaman biologis lain setelah pandemi Covid-19.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (4/9/2021), Penasihat Sains Gedung Putih Eric Lander dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (3/9/2021) waktu setempat mengatakan, pemerintah Amerika Serikat harus menyiapkan diri atas beragam ancaman yang mungkin terjadi.

Ia juga mengatakan, pandemi berikutnya akan berbeda dengan Covid-19 yang terjadi saat ini.

Baca juga: Joe Biden Godok Rencana Permanenkan Pemberian Tunjangan Anak

Di dalam dokumen yang dirilis oleh pemerintah disebutkan, pemerintah tengah menyiapkan investasi senilai miliaran dollar AS dalam beberapa dekade ke depan untuk meningkatkan kualitas vaksin sekaligus pelayanan terapi serta infrastruktur kesehatan Negeri Paman Sam.

Selain itu, investasi tersebut juga akan digunakan untuk memperkuat kapasitas nasional serta meningkatkan perangkat perlindungan yang bisa digunakan untuk melawan beragam jenis patogen.

Pemerintah menyebut, rencana Presiden Joe Biden tersebut terdiri atas lima pilar, yang masing-masing ditujukan pada bagian sistem kesehatan publlik yang berbeda.

Di awal, anggaran diusulkan sebesar 15 miliar dollar AS hingga 20 miliar dollar AS.

Baca juga: Disahkan Joe Biden, AS Gelontorkan Rp 26.600 Triliun Stimulus Covid-19

Anggaran tersebut akan digunakan untuk menjalankan misi baru di Kementerian Kesehatan dan Layanan kemanusiaan yang akan diawasi secara ketat oleh Kongres.

Lander pun mengatakan, pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi telah mengungkapkan beragam isu fundamental di dalam sistem kesehatan masyarakat di Amerika, termasuk di dalamnya pendanaan yang tidak memadai serta kurangnya koordinasi antara pemerintah, negara bagian, serta pemerintah daerah.

Selain itu, Lander juga menekankan dampak pandemi Covid-19 yang telah menebabkan 643.776 kematian di Amerika Serikat.

Di sisi lain, masih banyak penyintas Covid-19 yang harus hidup dengan efek jangka panjang dari virus tersebut.

"Kami membutuhkan kemampuan yang lebih baik ... karena ada kemungkinan yang masuk akal bahwa pandemi serius lainnya, yang bisa lebih buruk daripada Covid-19, akan segera terjadi, bahkan mungkin dalam dekade berikutnya," ujar dia.

Baca juga: Airlangga Bertemu Pengusaha AS Bahas Potensi Kerja Sama Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com