Bank Mandiri Proyeksi Restrukturisasi Kredit Bakal Terus Turun

Kompas.com - 06/09/2021, 06:41 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan, nilai restrukturisasi kredit perbankan bakal terus menurun, selaras dengan tren pemulihan ekonomi nasional.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi AS Aturrida mengatakan, hingga Juli 2021, total restrukturisasi kredit bank dengan kode emiten BMRI itu telah mencapai Rp 92,55 triliun.

Jumlah tersebut sudah turun bila dibandingkan bulan sebelumnya, yakni sebesar Rp 96,5 triliun pada Juni 2021.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Cek Saldo e-Money Mandiri Online di HP

“Ke depan, kami memproyeksi tren restrukturisasi akan menurun seiring dengan meningkatkanya optimisme dunia usaha,” kata Rudi kepada Kompas.com, dikutip pada Senin (6/9/2021).

Selain itu, Bank Mandiri turut menyambut baik keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memperpanjang masa pelaksanaan restrukturisasi kredit perbankan, dari semula hingga 31 Maret 2022, menjadi 31 Maret 2023.

Rudi meyakini, keputusan tersebut akan dapat membantu debitur dalam tren pemulihan ekonomi, sekaligus menjaga stabilitas perbankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apalagi, dalam kebijakan tersebut OJK juga telah menambahkan klausul-klausul yang memberikan perbankan relaksasi dalam mengeksekusi kebijakan ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, keputusan perpanjangan restruturisasi diambil untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional dan stabilitas perbankan.

Restrukturisasi kredit yang kami keluarkan sejak awal 2020 telah sangat membantu perbankan dan para debitur termasuk pelaku UMKM," kata dia dalam keterangannya, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Simak Rincian Relaksasi Kredit Perbankan yang Diperpanjang hingga 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.