Bagaimana Proyeksi IHSG Awal Awal Pekan? Simak Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 06/09/2021, 08:04 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada Senin (6/9/2021). IHSG Jumat (3/9/2021) ditutup naik 0,8 persen (48,69 poin) pada level 6.126,92.

Direktur PT Ekuator Swarna Investama Hans Kwee menjelaskan, hari ini IHSG akan dipengaruhi oleh sentimen data nonfarm payrolls AS yang mengecewakan. Hal ini dinilai berpotensi mendorong terjadinya koreksi pasar saham regional dan Indonesia pada perdagangan hari ini.

“IHSG berpeluang konsolidasi melemah di hari Senin, dengan support di level 6.056 sampai 6.021 dan resistance di level 6.169 sampai 6.263,” ungkap Hans dalam rekomendasinya.

Baca juga: Akhir Pekan, IHSG dan Rupiah Menguat

Meskipun data nonfarm payrolls USA yang mengecewakan, Hans menilai ini bisa menyebabkan pengumuman tapering oleh The Fed yang akan tertunda sampai akhir tahun.

Untuk sentiment dari dalam negeri, turunnya kasus harian Covid-19 hingga pelonggaran PPKM ke level 3 menjadi sentiment positif di pasar. Demikian juga dengan dana asing yang masih masuk ke pasar keuangan domestik.

Hal senada disampaikan oleh Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper. Dia menilai, secara indikator stochastic saat ini indeks bergerak mendekati area overbought sehingga rentang penguatan sudah terbatas dan ada potensi untuk terkoreksi dalam jangka pendek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“IHSG diprediksi melemah. Investor akan menanti keputusan terkait kebijakan PPKM pada awal pekan. Di sisi lain, jumlah kasus Covid-19 dalam negeri telah turun cukup signifikan,” ujar Dennies.

Dennies memproyeksikan hari ini IHSG akan bergerak resistance pada level 6.172 hingga 6.142, dan support pada level 6.079 hingga 6.032.

Berbeda, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memproyeksikan penguatan pada IHSG.

Dia menjelaskan, IHSG bergerak kuat pada level support MA200 hingga MA50 secara teknikal dengan beberapa kali tertahan dan bergerak cenderung terkonsolidasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.