Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ATW Group Targetkan Pemasangan Panel Surya Atap Capai 200 MW pada 2023

Kompas.com - 06/09/2021, 12:57 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ATW Group, pengembang panel surya di atap atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, menargetkan bisa melakukan pemasangan 200 megawatt (MW) instalasi panel surya di 2023. Hal itu seiring dengan semakin meningkatnya permintaan pasar akan pemasangan panel surya.

"Target 2023 itu kami miliki target instalasi 200 MW, di mana kami sangat optimis itu bisa tercapai," ujar Marketing & Corporate Sales Director ATW Solar Indonesia Wilson Tanuwijaya saat diskusi dengan Kompas.com, dikutip Senin (6/9/2021).

Ia menjelaskan, optimisme itu tercermin dari realisasi pemasangan panel surya yang sudah mencapai sekitar 80 MW hingga saat ini.

Baca juga: Len Industri Bangun Pabrik Panel Surya dengan Nilai Investasi Rp 2 Triliun

Pada tahun ini saja, ATW telah memasang instalasi panel surya sebanyak 30 MW di kuartal III-2021. Wilson bilang, capaian di tengah masa pandemi Covid-19 itu, meningkat pesat dibandingkan tahun pertama ATW berdiri pada akhir 2017.

Selama setahun pertama beroperasi, perusahaan hanya melakukan pemasangan panel surya sebanyak 30 kilowatt (KW). Artinya terjadi peningkatan signifikan dalam kurun waktu sekitar 4 tahun.

"Sedangkan saat ini di 2021 kita jualan dalam satu tahun itu bisa melakukan instalasi sampai 30 MW. Ini perkembangannya seribu kali lipat, 30 MW itu kan 3.000 KW," ungkapnya.

Menurut Wilson, saat ini masih terdapat antrian pemasangan panel surya. Hingga akhir tahun 2021, perseroan pun menargetkan bisa melakukan pemasangan mencapai 40 MW instalasi panel surya.

"Masih banyak lagi yang sekarang ini sebenarnya ngantri, yang akan di rollover ke tahun depan," imbuh dia.

Baca juga: Aturan Baru PLTS Atap: Bisa Ekspor Listrik 100 Persen hingga Percepatan Waktu Pemasangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com