BEI: Perusahaan Masih Antusias untuk Melakukan Pendanaan di Pasar Modal

Kompas.com - 07/09/2021, 12:39 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan perusahaan masih menjadikan pasar modal sebagai tempat untuk mendapatkan pendanaan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya perusahaan yang antre di BEI.

Nyoman menyebutkan, sampai dengan 3 September 2021 ada 30 perusahaan yang berada pada pipeline saham bursa dengan total dana yang direncanakan untuk dihimpun sebesar Rp 9,6 triliun.

“Kami menilai, perusahaan masih antusias untuk melakukan pendanaan di pasar modal. Hal tersebut dapat dilihat dari perusahaan-perusahaan yang berada dalam pipeline bursa, jumlahnya masih relatif baik. Dalam beberapa hari terakhir, kami juga masih menerima permohonan pencatatan saham,” jelas Nyoman kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Baca juga: 5 Cara Mudah Beli Saham Melalui e-IPO

Nyoman menjabarkan, antusiasme dan optimisme terhadap pasar modal dinilai masih terjaga baik. Hal ini didorong oleh stabilitas nasional dan pemulihan ekonomi yang masih berlanjut di tahun 2021.

“Opsi pendanaan tergantung preferensi masing-masing perusahaan, yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh misalnya perusahaan yang sudah berulang kali mencatatkan obligasi maupun sukuk, akan lebih dikenal public,” jelas dia.

Kondisi ini menurut Nyoman, akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan apabila akan melakukan pendanaan selanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan yang demikian kemungkinan telah memiliki basis investor yang telah melakukan investasi pada obligasi maupun sukuk yang diterbitkan sebelumnya.

“Kondisi yang sama juga dapat terjadi pada perusahaan yang akan melakukan rights issue,” jelas dia.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap Rights Issue BRI

Nyoman mengatakan, dengan mempertimbangkan stabilitas ekonomi yang tetap terjaga dan pemulihan ekonomi yang terus berlanjut, pihaknya optimis penawaran umum saham, obligasi dan sukuk masih terus bertumbuh dengan baik.

“Respons pasar sampai saat ini positif atas penawaran umum yang dilakukan oleh calon Perusahaan Tercatat di Bursa. Dari sisi pertumbuhan calon Perusahaan Tercatat untuk melakukan pendanaan di pasar modal juga memberikan sinyal positif,” jelas dia.

Di sisi lain, tingginya minat perusahaan menggalang dana melalui bursa, terlihat dari pertumbuhan investor saat ini yang semakin positif. Sesuai data yang diperoleh dari KSEI, jumlah investor di pasar modal mengalami pertumbuhan yang baik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Disebut-sebut IPO Tahun Depan, Ini Kata Blibli

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.