Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLT UMKM Tahap 2 Sudah Disalurkan ke 2,04 Juta Pelaku Usaha

Kompas.com - 07/09/2021, 16:13 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengatakan, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tahap 2 sudah disalurkan kepada 2,04 juta pelaku usaha.

Sementara itu alokasi anggaran BLT UMKM tahap 2 sebesar Rp 3,6 triliun untuk 3 juta pelaku UMKM yang terdampak pandemi.

"Sehingga sampai dengan saat ini total keseluruhan (tahap 1 dan 2) penerima BLT UMKM mencapai 11,84 juta pelaku usaha mikro atau sebesar 92,53 persen dari target yang ditentukan," ujarnya dalam webinar BPUM Tepat Sasaran? yang disiarkan virtual, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Pemerintah Kebanjiran Penawaran Lelang Sukuk Negara

Secara total kata Eddy, dari anggaran BLT UMKM 2021 sebesar Rp 15,36 triliun, sebanyak Rp 14,21 triliun sudah disalurkan kepada pelaku UMKM.

Di samping itu, Edy juga membeberkan berdasarkan data dari TNP2K, penggunaan dana dari BLT UMKM dimanfaatkan pelaku UMKM untuk berbagai kebutuhannya yang berbeda-beda.

Eddy menyebutkan, sebanyak 88,5 persen penerima BPUM mengalokasikan dana bantuan untuk modal usaha, 23,4 persen dana BPUM dialokasikan untuk membeli alat produksi, 22,8 persen untuk konsumsi, dan 6,8 persen untuk membayar utang.

"Berdasarkan data itu kami melihat memang BPUM ini dimanfaatkan sebaik mungkin dan tersalurkan tepat sasaran," kata Eddy.

Baca juga: Segera Daftar BPUM 2021 untuk Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com