Gaya Hidup Nasabah Berubah, BNI Perkuat Layanan Digital

Kompas.com - 07/09/2021, 20:57 WIB
Logo BNI. Shutterstock/RafapressLogo BNI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, gaya hidup masyarakat pun berubah menjadi lebih digital. Hal itu membuat layanan perbankan turut berevolusi menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada nasabah.

Alhasil layanan perbankan kini semakin menuju digitalisasi, dari semula Banking Services 1.0 yang berbasiskan electronic banking pada periode 1980-1995 hingga sekarang memasuki Banking Services 5.0 yang berbasiskan open banking.

Tak hanya industri perbankan, inovasi di sektor keuangan juga mendorong munculnya para pemain digital, seperti e-commerce dan financial technology (fintech).

Baca juga: BNI Bakal Buka Kantor Cabang di Amsterdam dan Los Angeles

Mereka bukanlah pemilik produk, namun mengembangkan platform yang memberikan layanan bagi produsen produk untuk memasarkan produknya melalui platform.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI pun menjadi salah satu perbankan nasional yang memutuskan untuk mengkombinasikan dua dunia layanan keuangan, yaitu conventional bank dengan fintech player.

Direktur TI dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, dalam bahasa sederhananya, BNI adalah pemilik produk layanan keuangan yang juga mengembangkan platform sendiri. Lewat platform tersebut BNI memasarkan produk-produknya.

"Pada era open banking ini, BNI bahkan mengembangkan produk-produknya untuk menjadi produk digital yang dapat dipasarkan di platform-platform digital yang dikembangkan pihak ketiga, mulai dari e-commerce hingga perusahaan fintech," ungkapnya dalam diskusi virtual media update, Selasa (7/9/2021).

Ia menjelaskan, inisiasi digital yang dilakukan BNI melalui layanan open banking akan mencakup seluruh produk, digital platform, dan juga perluasan layanan pada ekosistem B2B2C atau ekosistem yang berbasiskan model business to business to consumer.

Pilihan BNI untuk mengembangkan konsep layanan digital menyeluruh tersebut diperkuat dengan adanya tiga produk utamanya yakni BNI Direct, New Mobile Banking BNI, dan BNI Open API.

Pada nasabah korporasi, BNI menawarkan layanan cash management melalui platform BNI Direct yang memberikan solusi terintegrasi untuk layanan payment management, collection management, liquidity management, hingga value chain management.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.